Harapkan Kebijakan Pemerintah

1618

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Sektor properti di semester satu lalu tak menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. Karena itulah, pengembang mengharapkan adanya kebijakan pemerintah yang dapat memberi angin segar di semester dua ini.

General Manager Citraland BSB City, Jatmiko Arif Wibowo mengatakan, semester satu tahun ini angka penjualan mencapai Rp 54 miliar. Jumlah tersebut mengalami penurunan hingga 8 persen bila dibanding dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Sedikit turun, tapi posisi penjualan masih cukup bagus. Penurunan penjualan terimbas dari kondisi ekonomi makro, termasuk terbentur dengan kelesuan pasar,” ujarnya, baru-baru ini.

Namun demikian, ucapnya, memasuki semester dua di bulan Juli tahun ini, respon pasar dinilai cukup baik. Bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, pada Juli tahun ini penjualan tumbuh hingga 125 persen.

“Ada beberapa kondisi yang memang tiap bulan bisa berbeda. Seperti penetapan BI Rate yang berimbas pada penjualan. Para customer berbondong-bondong segera beli, karena potensi untuk melakukan akad dengan suku bunga yang masih kompetitif,” ujarnya.

Hal tersebut memberikan angin segar bagi industri properti. Sehingga, ia cukup optimistis hingga akhir, setidaknya 80 persen dari total target Rp 200 miliar dapat tercapai.

Penjualan sendiri, lanjutnya, masih fokus pada empat cluster utama. Cluster pembangunan tahap pertama telah 99 persen diserap pasar, tahap kedua sudah 70 persen terserap, kemudian tahap berikutnya sudah sekitar 35 persen terserap. (dna/ida)