Targetkan Rp 350 Juta di Bulan Dana PMI

189
BULAN DANA: Bupati Semarang Mundjirin bersama saat menyerahkan bantuan kursi roda dalam pencanangan bulan dana PMI Kabupaten Semarang 2018 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BULAN DANA: Bupati Semarang Mundjirin bersama saat menyerahkan bantuan kursi roda dalam pencanangan bulan dana PMI Kabupaten Semarang 2018 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Target pendapatan bulan dana PMI 2018 ini sebesar Rp 350 juta. Hal itu dikatakan oleh Ketua PMI Kabupaten Semarang Bintang Narsasi Mundjirin usai pencanangan bulan dana PMI Kabupaten Semarang 2018 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Senin (30/7).

Jumlah tersebut lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 300 juta. “Pada bulan dana PMI tahun lalu, dana yang terkumpul lebih besar dari target. Kita harapkan tahun ini juga akan dapat melampaui perolehan tahun lalu,” ujar Bintang.

Dikatakannya, meski pelaksanaan bulan dana PMI hanya tiga bulan, namun diharapkan pengumpulan dapat melebihi target. Pada 2017 lalu, jumlah dana yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 633.709.073.

Dukungan dari perusahaan dan dunia industri yang semakin sadar akan pentingnya peran PMI di bidang kemanusiaan. Ia berharap dapat mendorong pengumpulan dana yang lebih banyak lagi. “Nantinya dana yang terkumpul akan digunakan untuk merealisasikan program kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab PMI,” tuturnya.

Termasuk penanganan bencana dan penyiapan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dan pelayanan kesehatan serta pertolongan gawat darurat. Selain itu, lanjutnya, dana yang terkumpul juga akan digunakan untuk pembinaan dan peningkatan kegiatan donor darah di PMI Kecamatan se-Kabupaten Semarang.

Sementara itu, Bupati Semarang Mundjirin yang hadir pada kesempatan itu mengimbau para pengusaha dan dunia usaha untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap kegiatan kemanusiaan.

Diantaranya dengan mendukung penggalangan dana oleh PMI lewat program bulan dana ini.. Karenanya, penanganan musibah atau bencana yang dilakukan PMI harus didukung dana yang memadai. “Disinilah diperlukan peran serta aktif seluruh unsur daerah termasuk para pengusaha dan pelaku dunia usaha,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono menjelaskan operasional bulan dana PMI akan dilakukan serentak mulai Bulan Agustus sampai dengan Oktober mendatang.

Kegiatan ini akan menyasar warga Kabupaten Semarang dan pengguna pelayanan umum. “Caranya dengan pengadaan kupon bernominal Rp 2.000, yang ditujukan kepada pelajar, mahasiswa, pengunjung puskesmas, obyek wisata, pemohon perpanjangan STNK dan lainnya,” kata Gunawan yang akrab disapa Soni tersebut.

Sedangkan kupon nominal Rp 4.000 akan disebarkan kepada para PNS, anggota TNI/Polri dan pekerja swasta. “Ada pula blangko piagam sumbangan sukarela yang akan ditujukan kepada kepala dinas/instansi, para kepala bagian di Setda, anggota DPRD, direktur bank, apotek, dokter dan notaris serta lainnya,” katanya. (ewb/bas)