Saatnya UMKM Manfaatkan Website

349

RADARSEMARANG.COM-Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berdasarkan data Bappenas terdapat setidaknya 60 juta unit usaha yang masuk kategori mikro, kecil, dan menengah pada tahun 2015.

Dari 60 juta unit UMKM tersebut baru 3,97 juta unit yang menggunakan platform online untuk mempromosikan produknya. Hal ini tentunya disayangkan karena dengan memanfaatkan platform online, UMKM bisa lebih meningkatkan potensinya.

Pemanfaatan platform online ini diperlukan agar UMKM bisa bersaing secara nasional dan bahkan internasional. Website adalah salah satu platform terpenting untuk pemasaran produk UMKM. Dengan menggunakan website, UMKM bisa menjangkau lebih banyak konsumen di manapun.

Selain itu, website juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap UMKM. Menurut Verisign, 84 persen konsumen lebih percaya terhadap bisnis yang memiliki website dibanding yang hanya mengandalkan media sosial.

Oleh karena itu, membuat website adalah langkah terbaik bagi UMKM dalam membangun identitasnya di dunia maya. Pelaku UMKM bisa menggunakan mereknya sebagai nama domain sehingga memudahkan konsumen ketika mencari produk tersebut di mesin pencari. Nama domain tersebut akan mengarahkan konsumen ke website resmi yang berisi informasi tentang usaha yang dijalankan dan informasi produk yang dijual.

Pemanfaatan website tidak hanya menguntungkan pelaku UMKM, tetapi juga memudahkan konsumen ketika mencari informasi produk yang akan dibeli. Dengan memiliki website resmi, UMKM bisa memperluas pasar dan konsumen memperoleh informasi penting tentang produk UMKM yang akan dibeli.

Untuk membuat merek sebagai nama domain, pelaku UMKM perlu melakukan pembelian nama domain terlebih dahulu di penyedia domain dan hosting. Pelaku UMKM harus teliti dalam memilih perusahaan penyedia domain dan hosting Indonesia yang akan digunakan karena akan berpengaruh terhadap kinerja website.

Salah satu perusahaan penyedia hosting dan domain terpercaya di Indonesia adalah Niagahoster. Perusahaan penyedia hosting dan domain yang terletak di Yogyakarta ini sudah berdiri sejak tahun 2013 dan melayani klien dari seluruh Indonesia. Layanan yang ditawarkan adalah shared hosting, cloud VPS hosting, email hosting, WordPress hosting, dan domain murah. (web/ap)