Diuntungkan Tanpa Pluim

PSIS vs PSM

368

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG PSM Makassar dipastikan tidak akan diperkuat gelandang andalannya, Wiljan Pluim, saat berlaga melawan tuan rumah PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang, Senin (30/7) petang ini. Gelandang asal Belanda itu dipastikan absen dalam laga perdana Putaran Kedua Liga 1 Indonesia ini lantaran terkena sanksi akumulasi kartu kuning. Pluim mendapatkan kartu kuning saat PSM Makassar takluk 1 – 3 oleh PSMS Medan, Senin (23/7) lalu.

Head coach PSM Makassar, Robert Rene Albert, mengatakan, Wiljan Pluim adalah salah satu pemain kunci dalam tim. Dia juga merupakan salah satu pemain terbaik di Liga ini.

“Tentu kami merasa kehilangan, namun para pemain tetap akan memberikan yang terbaik walaupun bermain tanpa Pluim,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Di kubu PSIS Semarang diperkirakan tampil dengan kekuatan penuh saat menjamu PSM Makassar. Head coach PSIS Semarang, Alberto Vincenzo Annese, menyampaikan, absennya Wiljan Pluim tentu merupakan sebuah keuntungan bagi anak asuhnya.

“Namun sejujurnya bermain dengan tim lawan yang memiliki kekuatan penuh lebih baik karena bisa menjadi tolak ukur kekuatan PSIS,” ujarnya.

Pelatih asal Italia itu juga mengatakan, Haudi Abdillah dkk sudah menyiapkan pertandingan besok dengan intensitas latihan yang sangat bagus.

“Sejak bergabungnya Bako dan Alom, para pemain menjadi lebih bersemangat dalam latihan, terdapat kualitas permainan saat latihan maupun saat laga ujicoba beberapa waktu lalu,” kata Annese.

Dia menambahkan, dua pemain anyar PSIS Semarang, yakni Nerius Alom dan Abou ‘Bako’ Bakr Al Mel memang belum dipastikan dapat bermain saat melawan PSM Makassar petang nanti. Hal itu dikarenakan kedua pemain belum mendapat pengesahan resmi dari PT LIB.

“Apabila pengesahan sudah diresmikan sebelum pertandingan, maka bisa dipastikan kedua pemain tersebut akan dimainkan,” sambungnya.

General Manager PSIS Semarang, Wahyu ‘Liluk’ Winarto, menegaskan, PSIS Semarang menginginkan hasil yang terbaik dengan meraih 3 poin saat melakoni laga perdana Putaran Kedua Liga 1 Indonesia.

“Laga perdana putaran kedua melawan PSM adalah laga yang sangat penting bagi kami, terutama karena kami bermain di kandang sendiri, maka kami harus mampu memetik kemenangan agar bisa menjauh dari zona degradasi,” katanya.

Laga yang akan dimulai pada pukul 18.00 itu dipastikan akan berlangsung sengit. Kedua tim diperkirakan akan bermain habis-habisan mengingat PSIS Semarang sangat membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa agar bisa keluar dari jurang degradasi. Sebaliknya, PSM Makassar yang berada di peringkat 4 klasemen sementara, membutuhkan poin untuk tetap berada di jalur pemuncak klasemen. (cr2/aro)