BERSEMANGAT : Para peserta Senam Kolosal 18.8.18 terlihat asyik mengikuti senam di Taman Kyai Langgeng, Minggu, (29/7). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
BERSEMANGAT : Para peserta Senam Kolosal 18.8.18 terlihat asyik mengikuti senam di Taman Kyai Langgeng, Minggu, (29/7). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sekitar 500 peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengikuti Senam Kolosal 18.8.18 yang diadakan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Magelang, di Taman Kyai Langgeng, Minggu, (29/7). Peserta senam juga disuntik semangatnya melalui lomba yel-yel bertema kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Dyah Miryanti menjelaskan, senam ini serentak dilaksanakan se-Indonesia untuk menyambut Asian Games ke-18, sekaligus memeriahkan HUT ke-50 BPJS Kesehatan. Peserta berasal dari anggota klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) diabetes melitus dan hipertensi di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) Kota Magelang. Selain itu, diramaikan juga oleh kelompok senam yang terwadahi oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Magelang. “Acara ini merupakan upaya promotif dan preventif peserta JKN-KIS, serta meningkatkan gaya hidup sehat masyarakat Kota Magelang,” kata Dyah.

Dyah menilai, Pemkot Magelang telah menunjukkan komitmen di bidang kesehatan dengan mendaftarkan sekitar 2.682 pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga kontrak menjadi peserta JKN-KIS. Pemkot juga responsif terhadap program pengintegrasian Jamkesda ke JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD II. Ia mencatat sebanyak 19.453 jiwa penduduk Kota Magelang yang kurang mampu telah terdaftar. “Hingga saat ini, peserta JKN-KIS di wilayah Kota Magelang sudah mencapai 88,6 persen dari total penduduk, atau sekitar 115.047 jiwa,” tambahnya.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina berpesan kepada warga agar tidak malas menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Yakni dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga

Seorang peserta, Zainal, menilai acara ini sangat bagus. Sebab ada kegiatan pemeriksaan kesehatan, donor darah, sosialisasi JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN, hingga pelayanan pendaftaran peserta JKN-KIS serta pembayaan iuran peserta.  (mg24/put/ton)