PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN : Sejumlah warga mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang di balai Kelurahan Karang Tempel, Jumat (27/7). (Triawanda Tirta Aditya/Jawa Pos Radar Semarang)
PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN : Sejumlah warga mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang di balai Kelurahan Karang Tempel, Jumat (27/7). (Triawanda Tirta Aditya/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sebanyak 30 warga terlihat serius saat mengikuti Pelatihan Kewirausahaan di Kantor Kelurahan Karang Tempel, Kota Semarang, Jumat (27/7). Para warga yang didominasi oleh ibu rumah tangga, tersebut dengan teliti mendengarkan setiap materi wirausaha yang disampaikan oleh nara sumber. Pelatihan ini dianggap mampu memberikan motivasi dan pengetahuan dasar wirausaha, agar mereka dapat menjadi wirausahawan yang sukses.

“Setiap calon wirausahawan harus nekat dan harus berani beraksi, namun juga jangan lupa membekali diri dengan kemampuan mengelola usaha dengan baik dan benar. Jika kedua hal tersebut sudah dimiliki, besar kemungkinan orang tersebut akan sukses dalam berwirausaha,” kata Sri Hartini, pemateri pelatihan kewirausahaan.

Wanita yang juga dosen dan pelaku usaha, itu menambahkan, dalam pelatihan warga diajarkan bagaimana cara untuk merintis sebuah usaha mikro. Mulai dari mencari ide usaha, hingga bagaimana cara mengelola dan mengembangkan usaha.

“Nafas dari sebuah usaha itu adalah pemasaran yang jitu, sedangkan denyut nadinya adalah adanya pembukuan dan perhitungan dari usaha itu sendiri. Seorang wirausahawan juga dituntun mampu menciptakan jasa atau produk yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas yang tinggi,” kata Sri Hartini.

Pelatihan kewirausahaan akan diadakan di 30 kelurahan lain yang ada di Kota Semarang. Pelatihan ini diharapkan mampu menciptakan pelaku usaha baru yang notabene adalah ibu rumah tangga, kegiatan ini mengajak mereka agar lebih produktif selain melakukan rutinitas dalam rumah tangganya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Nugroho Supriyanto menyampaikan, bagi warga yang berminat di bidang wirausaha diharapkan memiliki inisiatif tinggi untuk mencari informasi-informasi yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan. “Apabila warga sukses dalam berwirausaha, maka tingkat kesejahteraan mereka pun juga akan meningkat,” kata Nugroho. (cr2/zal)