Bupati Terpilih Tak Hadir di KPU

Penetapan Pemenang Pilbup Temanggung

1057
HASIL PILBUP : Ketua KPU Temanggung Sujatmiko menyerahkan surat keputusan kepada Wakil Bupati Terpilih Heri Ibnu Wibowo di aula KPU Kabupaten Temanggung, Kamis (26/7). (Ahsan fauzi/radar kedu)
HASIL PILBUP : Ketua KPU Temanggung Sujatmiko menyerahkan surat keputusan kepada Wakil Bupati Terpilih Heri Ibnu Wibowo di aula KPU Kabupaten Temanggung, Kamis (26/7). (Ahsan fauzi/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung menetapkan pasangan M Al Khadziq dan Heri Ibnu Wibowo (Hadik-Bowo) sebagai pasangan terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung Pilkada 2018. Penetapan pemenang Pilbup Temanggung ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka di aula KPU Kabupaten Temanggung, Kamis (26/7).

Rapat pleno terbuka dipimpin oleh Ketua KPU Temanggung Sujatmiko dan diikuti seluruh komisioner KPU Kabupaten Temanggung, perwakilan partai politik, Panwaskab Temanggung dan calon Wakil Bupati Terpilih Heri Ibnu Wibowo. Bupati terpilih Al Khadziq tidak tampak di ruangan pleno. Begitu pula dua paslon lainnya, Bambang Sukarno-Matoha dan Haryo Dewandono-Irawan Prasetyadi.

Sujatmiko menuturkan, berdasarkan dengan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada 4 Juli lalu, pasangan M Al Khadziq dan Heri Ibnu Wibowo mendapat 258.734 suara atau 54,32 persen dari suara sah. Perolehan suara tersebut mengungguli Bambang Sukarno – Matoha yang mendapat 156.576 suara dan pasangan Haryo Dewandono – Irawan Prasetyadi dengan 60.688 suara.

Sujatmiko mengatakan, sesuai informasi yang diterima dari Mahkamah Konstitusi per 23 Juli 2018 yang kemudian dikuatkan oleh KPU RI, Pilkada Temanggung tidak termasuk yang diajukan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah. “Setelah penetapan ini, tahapan setelah ini, kami akan berkirim bersurat ke DPRD Kabupaten Temanggung, Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk proses pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” terang Sujatmiko.

Masih menurut Sujatmiko, akhir masa jabatan Bupati Temanggung Bambang Sukarno pada 29 Juli 2018, adapun untuk jadwal pelantikan, direncanakan berlangsung pada 20 September sebagaimana jadwal tahapan Pilkada serentak 2018. “Karena ini Pilkada serentak, kemungkinan pelantikan dilakukan serentak. Nanti, kita tungggu kabar dan informasi pasti selanjutnya,” jelasnya. (san/ton)