PEDULI KESEHATAN: Warga RW IX Kelurahan Tanjung Mas, memanfaatkan layanan kesehatan gratis yang digelar Indonesia Power dan IZI. (Nur Wahidi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Indonesia Power bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng menggelar pengobatan gratis di RW IX Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, kemarin.

Ratusan warga dengan berbagai keluhan, mulai sakit persendian, batuk, Ispa, hingga penyakit diabetes memanfaatkan layanan kesehatan gratis tersebut.

“Selain pemeriksaan gratis, warga juga diberi obat. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Undip Semarang,” kata Ketua IZI Jateng Djoko Adhi.

Koordinator dokter, Bahrudin mengatakan kebanyakan warga mengeluh sakit rematik. Namun ada juga yang darah tinggi, kolesterol, dan asam urat. Untuk anak-anak kebanyakan batuk, pilek, dan susah makan.

“Bahkan ada warga yang hanya ingin melakukan cek lab. Kami hanya melakukan cek  kolesterol, guladarah dan asam urat. Sebenarnya yang akurat (cek lab) itu harus diawali dengan puasa selama 8 jam,” katanya. Diharapkan kegiatan tersebut bisa membantu warga yang selama ini kesulitan mendapatkan layanan kesehatan. Baik karena masalah tempat yang jauh maupun karena biaya. (hid/zal)