7th Bali International Choir Festival 2018

Digelar di Bali, 10 Negara Ambil Bagian

1729

RADARSEMARANG.COM, DENPASAR – Bandung Choral Society, kembali menyelenggarakan Bali International Choir Festival yang ketujuh selama lima hari mulai dari tanggal 24-28 Juli 2018.

Tercatat sudah 146 peserta yang akan berkompetisi. Mereka berasal dari 10 Negara yaitu Kanada, Latvia, Lithuania, Polandia, China, Malaysia, Philipina, Korea Selatan, Thailand. Tak ketinggalan peserta dari 26 Provinsi di Indonesia.

Enam belas ahli paduan suara dari seluruh dunia didatangkan sebagai juri dalam kompetisi paduan suara tersebut.

Beberapa juri adalah perwakilan International Federation for Choral Music, dan tak ketinggalan musisi-musisi dari Indonesia diantaranya Catharina Leimena, Avip Priatna, Daud Kosasih dan Andreas Sugeng.

Tommyanto Kandisaputra selaku Presiden Direktur Bandung Choral Society memaparkan, BICF diselenggarakan sebagai wadah kompetisi bagi paduan suara di Indonesia yang semakin hari semakin berkembang dan semakin butuh tantangan.

“Karena banyak hal yang bisa didapat dari sebuah kompetisi bertaraf internasional. Para peserta bisa mengenal kebudayaan Negara lain dan kita bisa memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada mereka,” ujarnya.

Tommy menjelaskan jika BICF bisa diikuti oleh paduan suara dari segala usia dan ragam musik. Ada 16 Kategori dalam kompetisi BICF.

Meliputi Show Choir, Pop & Jazz, Teenager’s Choir, Acappela, Mixed Choir, Children’s Choir, Female Choir, Senior Choir, Mixed Youth Choir, Scenic Folklore, Music of Religions, Vocal Group, Male Choir, Folklore, Gospel & spiritual, dan Musica Sacra.

Opening Ceremony akan diadakan di Hongkong Garden pada Selasa (24/7) pukul 17.00 WITA. Sehari sebelumnya, lima paduan suara akan berpartisipasi dalam kegiatan amal di Katedral Roh Kudus.

Hasil dari penampilan tersebut akan disumbangkan bagi anak-anak yang membutuhkan biaya dalam bidang pendidikan. (tir/yog)