Ilustrasi: JawaPos.com
Ilustrasi: JawaPos.com

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan perhatian lebih pada upaya peningkatan perekonomian. Sesuai arahan Presiden, Ganjar akan mempermudah investasi di Jawa Tengah.

”Mempermudah investasi maka harus mendorong dan mau mengubah semua. Tujuannya jelas untuk mengundang investor,” jelas orang nomor satu di Jateng ini di sela acara jalan sehat gerakan koperasi se-Kota Semarang dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke-71, Minggu (22/7).

Menuju kemudahan berinvestasi di Jawa Tengah ini, Ganjar mengatakan, masih ada sejumlah hal yang harus dikerjakan secara bersama-sama. Utamanya menyangkut pengawasan tata ruang aspek lingkungan. “Sebab, penambahan kuantitas harus diiringi pengaturan tata ruang yang lebih baik,” ujarnya.

Tidak hanya pada investasi besar dan padat karya, namun juga berbagai usaha yang dibangun oleh kekuatan bersama, salah satunya koperasi. Mengutip kata-kata Bung Karno, Ganjar mengatakan bahwa ekonomi terbaik adalah ekonomi berdikari.

“Yaitu ekonomi yang berdiri di atas kaki sendiri atau mandiri. Koperasi contohnya,” terang Ganjar.

Dorongan kepada koperasi cukup penting mengingat peran koperasi yang mampu menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan kewirausahaan. Dengan demikian, akan lebih banyak warga Jawa Tengah yang mandiri serta mampu menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. “Karena setiap muncul satu UMKM, maka rata-rata akan ada dua atau tiga tenaga kerja baru yang terserap. Sehingga, dalam hal penyediaan lapangan kerja, koperasi mempunyai peran sangat penting,” tegasnya.

“Saya terus memantau perkembangan koperasi di Jawa Tengah. Dengan slogan Koperasi dari, oleh, dan untuk anggota ternyata mampu menumbuhkan ikatan perasaan, emosional, saling membantu, berpartisipasi dalam mengembangkan koperasi,” imbuhnya. (sga/zal)