Kirab Budaya Dimeriahkan Artis Ibukota

333
KOTA TOLERANSI : Wali Kota Salatiga memotong tumpeng dalam rangkaian peringatan HUT ke-1268 Kota Salatiga, Minggu (22/7). (Afif Jamaludin/Jawa Pos Radar Semarang)
KOTA TOLERANSI : Wali Kota Salatiga memotong tumpeng dalam rangkaian peringatan HUT ke-1268 Kota Salatiga, Minggu (22/7). (Afif Jamaludin/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Sejumlah artis ibukota mengikuti kirab budaya peringatan HUT ke-1268 Kota Salatiga, Minggu (22/7). Limbad, Rena KDI, Ratna Antika, Eva Puka, Yogie KDI, Gamma dan pentolan grup dangut Sera, Shodiq ikut dalam kirab yang dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota dan berakhir di Kantor Wali Kota. Kirab budaya bertemakan “Perjanjian Salatiga” ini juga diramaikan beberapa kelompok berkostum budaya, prajurit, hingga pertunjukan barongsai.

Masyarakat menyambut antusias kirab ini. Mereka berdiri di tepi jalan menyambut rombongan. Wali Kota Salatiga Yuliyanto dengan mengendarai andong tak henti-hentinya tersenyum dan melambaikan tangan pada warga yang menyambutnya.

“Meskipun Salatiga termasuk kota kecil, namun seperti yang tertulis dalam Prasasti Plumpungan, masyarakat bisa melihat lagi sejarah Salatiga melalui parade kirab budaya,” terang Yuliyanto seusai kirab.

Komunitas Salatiga Iconic Costume (SIC) unjuk diri menggunakan pakaian unik bertemakan budaya dan kerajaan. Beberapa kelompok juga mengenakan kostum prajurit, busana Tionghoa yang menunjukan rasa toleransi di Salatiga.

Sejumlah dinas juga tak mau kalah. Mereka menampilkan berbagai hal yang berhubungan dengan tugasnya. Seperti Dinas Kesehatan yang membawa mobil ambulans, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menunjukkan papan slogan ajakan membaca, Dinas Pangan membawa bakul berisi sayur mayur. Kelompok kesenian drumblek, reog dan penari juga menampilkan kebolehan mereka di hadapan tamu undangan dan masyarakat.

Acara juga dilanjutkan dengan panggung hiburan di Lapangan Pancasila. Masyarakat begitu antusias mengikuti rangkaian acara. Bahkan ada juga masyarakat luar Salatiga sengaja mendatangi Salatiga untuk melihat perayaan kirab budaya. “Saya sengaja datang buat nonton kirab, soalnya ada artis dari Jakarta juga kan,” ujar Wati salah seorang pengunjung dari Tengaran, Kabupaten Semarang. (mg7/mg8/mg10/mg13/ton)