Berburu Eksotisme Rawa Pening

1910
KOMPLET: Spot Jembatan Biru menyuguhkan pemandangan yang komplet. (LAKNA TULAS ‘UN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KOMPLET: Spot Jembatan Biru menyuguhkan pemandangan yang komplet. (LAKNA TULAS ‘UN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DARI BUKIT CINTA: Selain menyuguhkan pemandangan indah, spot Bukit Cinta juga menawarkan beberapa wahana menarik. (TRIAWANDA TIRTA ADITYA/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
DARI BUKIT CINTA: Selain menyuguhkan pemandangan indah, spot Bukit Cinta juga menawarkan beberapa wahana menarik. (TRIAWANDA TIRTA ADITYA/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – BANYAK Tempat untuk menikmati keindahan Rawa Pening. Danau yang berada sekitar 35 kilometer dari Kota Semarang itu saat ini banyak menjadi jujukan wisatawan karena menyimpan banyak yang menyejukkan mata.

Spot favorit pertama untuk melihat keindahan Rawa Pening adalah dari spot Bukit Cinta.  Bukit Cinta adalah bukit yang berada di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Letaknya berada di tepian Danau Rawa Pening.

Untuk masuk ke Bukit Cinta, kita tak perlu merogoh kocek dalam, cukup Rp 6.000 untuk hari Senin-Jumat dan Rp 7.500 untuk Sabtu-Minggu atau hari libur. Parimin selaku pengelola wisata Bukit Cinta, mengungkapkan pegunjung dihari biasa sekitar 90-100 wisatawan.

Sedangkan untuk hari libur pengunjung mencapai 400-600 wisatawan.”Kalau hari biasa ya sekitar 90-100 pengunjung, tapi untuk hari libur bisa sampai 400-600 wisatawan. Kebanyakan masih wisatawan lokal,” ujarnya.

Saat ini, pengelola sedang melakukan renovasi diberbagai titik. Parimin juga mengharapkan pengunjung semakin ramai setelah diadakannya pembaharuan. “Ya semoga setelah pembangunan selesai pengunjung bisa normal kembali bahkan semoga bisa lebih ramai,” imbuhnya.

Salah satu wisatawan asal Semarang, Asih Deviana mengutarakan Bukit Cinta menurutnya spot yang cukup komplet untuk menikmati keindahan Rawa Pening dari atas. “Tempatnya adem dan pemandangannya bagus banget. Ada wisata bahari juga, tiketnya terjangkau,” ungkapnya

Spot lainnya yang tak kalah indah adalah spot Jembatan Biru. Berada di Dusun Sumurup, Desa Asinan, Tuntang, Semarang, Jembatan Biru merupakan spot yang Instagramable karena memiliki spot foto di tengah jembatan.

Yang bikin betah, Jembatan Biru memiliki background Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Terakhir, jika beruntung pengunjung disuguhkan dengan kereta uap yang melintas di depan wisata murah itu.

Akses menuju lokasi sangat mudah dijangkau. Dari jalan raya Solo-Semarang, belok ke kiri setelah jembatan Tuntang. Sekitar 300 meter ada penunjuk arah menuju Wisata Jembatan Biru. Tak perlu kawatir, untuk bisa menikmati indahnya jembatan biru pengunjung tidak dikenakan tarif masuk alias gratis. (mg9/mg12/mg14/bas)