Akupuntur untuk Tingkatkan Ereksi

159

Tanya dr Andi:

Dok, usia saya baru 39 tahun, tapi ereksi sudah berkurang. Saya baca bahwa akupunktur bisa meningkatkan ereksi. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih.

H di Semarang

Jawab dr Andi:

Akupunktur memiliki konsep bahwa tubuh manusia harus memelihara keseimbangannya. Ini dikenal dengan konsep yin dan yang, semua organ tubuh memiliiki unsur yin dan yang ini, ada dua sisi dalam semua aspek kehidupan ini. Yin bisa berarti gelap, pasif, feminin, dingin, negatif, sebaliknya Yang berarti terang/ cahaya, aktif, laki-laki, hangat, positif. Kedua Yin dan Yang ini bersifat saling berlawanan, saling melengkapi.

Bila keseimbangan ini terganggu maka orang akan menderita sakit. Ada 14 jalur energi utama yang mengalir dari kepala sampai kaki, untuk mencapai keseimbangan, titik2 pada jalur energi yang disebut meridian akupunktur itu distimulasi, bisa dengan rangsangan elektris maupun tekanan pada jarum akupuntur. Jarum pada akupunktur tidak mengandung obat, yang memberikan manfaat pengobatan adalah penempatan pada titik yang tepat. Ada 361 titik di tubuh kita yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan.

Untuk ereksi yang kuat, perlu darah dan energi untuk mengisi penuh rongga-rongga tempat pembuluh darah. Juga penting ada dukungan kerja tendon dan otot sekitar penis yang memungkinkan terjadinya ereksi dengan baik. Hasil penelitian Koosnadi Saputra dkk (Surabaya) , 57,5 persen responden mengalami peningkatan respons ereksi dan 32,5 persen responden mengalami perbaikan saraf gangguan disfungsi ereksi. Cara kerja terapi akupuntur, yakni merangsang saraf-saraf tubuh sesuai letaknya, sehingga membantu kelancaran peredaran darah. Tujuannya untuk menyeimbangkan kembali apa yang salah pada sistem saraf manusia. Biasanya diterapi seminggu 1-3 kali. (*/zal)