RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga Selasa (24/7) lusa mengadakan Pameran Kearsipan Kota Salatiga untuk ke-8 kalinya. Kegiatan ini mengambil tema ‘Salatiga Kuno dan Salatiga Zaman Now’ yang sedianya berlangsung mulai tanggal 24-30 Juli 2018, di halaman Perpustakaan Daerah Salatiga.

Pameran ini bertujuan mensosialisasikan kearsipan, menumbuhkan kesadaran akan arti pentingya arsip kepada masyarakat luas, serta dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kota Salatiga yang ke-1268.

Menurut Rencana, pameran kearsipan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto dan setip hari berlangsung dari pukul 08.00 – 20.00. Selain menampilkan arsip foto bangunan bersejarah, landscape kota, tokoh-tokoh Salatiga dan human interest, acara juga dimeriahkan oleh pentas seni drumblek, barongsai, band pelajar,  solo organ, lomba foto, lomba menulis esai, lomba menulis puisi, workshop pantomim, serta pelatihan bonsai.

“Pameran ini terbuka untuk umum dari anak-anak sampai orang tua, tanpa dipungut biaya alias gratis,” kata Reynaldi Anggoro Shakti, Kasi Bina Perpustakaan dan Kearsipan Persipda kepada media.

Pameran ini penting mengingat arsip adalah memori kolektif daerah dan bangsa, serta merupakan warisan yang unik dan tidak tergantikan melintasi generasi. Diharapkan kesadaran akan tertib arsip dapat dikembangkan oleh personal, komunal maupun institusional. Karena keberadaan arsip pada masa modern ini dapat menunjukkan identitas dan eksistensi seseorang sebagai warga negara.

Kegiatan pameran ini didukung Griya Media, Anggun Entertainment, Banua Creative Studio, DKV UKSW, Salatiga How Art You, Suara Salatiga FM, Komunitas Fotografi, Komunitas Bonsai, dan beberapa penerbit buku. (sas/bas)