Bisa Menular lewat Percikan Ludah

189

RADARSEMARANG.COM – PENYAKIT difteri yang disebabkan oleh infeksi bakteri patogen Corynebacterium diphtheriae ternyata bisa menular melalui pecikan ludah jika seseorang bertemu dengan pasien suspect difteri.

“Bisa menular lewat percikan ludah, bakterinya sangat kecil, ketika bertemu langsung biasanya nggak sengaja dan tidak tahu kalau suspect difteri,” kata Hapsari, Dokter Spesialis Anak sekaligus Penanggung Jawab Pasien di RSUP dr Kariadi.

Penyakit ini sendiri, dipengaruhi oleh faktor kekebalan tubuh. Di sinilah mengapa pemerintah mulai gencar melakukan imunisasi dan mewajibkan syarat untuk anak sekolah memiliki sertifikat imunisasi.

“Difteri yang berbahaya adalah yang menyerang saluran nafas. Jadi, memang ditekankan, semua progran imunisasi dari pemerintah harus ikut,”jelasnya.

Menurut dia, banyak yang tidak mengetahui gejala awal dari penyakit difteri karena gejalannya mirip dengan radang tenggorokan. Namun jika dilihat dengan lebih teliti, gejala difteri dapat dilihat dengan adanya pembesaran amandel.

“Selain membesarnya amandel, biasanya disertai demam walaupun tidak tinggi. Namun patut diwaspadai jika ada bercak putih keabu-abuan di amandel bisa jadi gejala difteri, selain itu juga merasa nyeri saat menelan,” ucapnya.

Untuk melakukan pencegahan, dirinya berpesan agar  minimal harus menggunakan masker dan melakukan cuci tangan saat beraktivitas. Penyakit ini sendiri bisa menyerang organ vital yang ada di dalam tubuh seperti jantung, hati dan ginjal. “Jika sudah masuk ke jantung, biasanya diberi obat anti difteri serum (Ads),”katanya. (den/aro)