Sumbang 60 Persen Mekanik AHASS

1999

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pendidikan vokasi di bidang industri otomotif terus digenjot oleh Astra Honda Motor sejak 8 tahun silam melalui kurikulum teknik sepeda motor (TSM) Astra Honda di tingkat SMK. Program bertajuk Pendikan Satu Hati ini kini telah diimplementasikan di 667 SMK mitra binaan di 31 provinsi di Indonesia, termasuk di dalamnya 62 SMK yang dibina oleh Main Dealer Astra Motor Jateng. Bahkan 60 persen lulusan mekanik langsung diterima di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, lulusan SMK yang mengajarkan Kurikulum TSM Astra Honda terbukti telah memiliki daya saing tinggi untuk dalam mengisi lapangan pekerjaan di industri otomotif. “Tahun lalu, untuk daerah Jawa Tengah sebanyak 60 persen pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang berada di bawah jaringan Main Dealer Astra Motor Jateng berhasil diisi oleh lulusan SMK TSM Astra Honda,” katanya Kamis (19/7).

Sementara untuk skala nasional, lulusan TSM Astra Honda yang bekerja sebagai operator pabrik di Sunter, Cikarang, atau Karawang sekitar 96 persen. Sebanyak 102 lulusan TSM Astra Honda juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang sekitarnya melalui usaha bengkel Mandiri. “Tercatat di tahun lalu untuk wilayah Jawa Tengah, sebanyak 22 alumni sudah berwirausaha dengan membuka bengkel sendiri,” jelasnya. (den/ton)