Pemkab Bangun  50 Selter Untuk PKL

326
RELOKASI: Bupati Demak HM Natsir didampingi Kabag Humas Endah Cahyarini menikmati makanan di warung PKL Stadion Pancasila. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RELOKASI: Bupati Demak HM Natsir didampingi Kabag Humas Endah Cahyarini menikmati makanan di warung PKL Stadion Pancasila. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pemkab Demak melalui Dinas Perdagangan akan membangun 50 selter untuk Pedagang Kaki Lima (PKL). Ini sebagai upaya pembinaan dan meningkatkan kesadaran PKL dalam mentaati peraturan dalam menjajakan barang dagangannya.

Kepala Dinas Perdagangan, Siti Zuarin mengatakan, pembinaan bagi PKL merupakan tugas dan tanggungjawab di dinas yang dipimpinnya tersebut. “Upaya pembinaan ini memang terasa masih kurang karena terbentur anggaran. Meski demikian, kita tetap berusaha, termasuk membuatkan selter untuk PKL tersebut,” ujarnya.

Dia menambahkan, penataan PKL diakui memang tidak mudah. Karena itu, butuh dukungan berbagai pihak untuk penataan tersebut. Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Demak, Farodli mengatakan, pihaknya mendukung bagaimana PKL bisa tertata dengan baik. “Ada anggaran Rp 50 juta untuk pembinaan PKL. Kita dorong bagaimana anggaran ini bisa meningkat lagi agar pembinaan yang dilakukan dinas terkait bisa lebih optimal,” katanya.

Saat ini, kata dia, ada pihak swasta yang juga telah menyiapkan dan membuka lahan untuk para PKL yang ingin berjualan ditempat khusus. Seperti di ujung jalan Lingkar selatan Demak, tepatnya didekat lampu merah Desa Mranak, Kecamatan Wonosalam. Tempat jualan tersebut dapat menampung PKL yang ingin meningkatkan usahanya. (hib/bas)