PKPI dan Garuda Tak Daftarkan Bacaleg

419
PENDAFTARAN: Pengurus DPC PDIP Kabupaten Pekalongan saat mendaftarkan calegnya sebanyak 45 orang di KPUD Kabupaten Peklaongan, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PENDAFTARAN: Pengurus DPC PDIP Kabupaten Pekalongan saat mendaftarkan calegnya sebanyak 45 orang di KPUD Kabupaten Peklaongan, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Dua partai politik yaitu Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Garuda resmi tidak mendaftarn bacalegnya dalam pemilihan anggota legislatif di Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang.

Hal ini, karena kedua partai tidak melakukan pendaftran hingga waktu ditutup pada Selasa pukul 24.00 WIB.“Di KPU Kota Pekalongan dua partai tidak daftar caleg, yaitu PKPI yang memang tidak ada kepengurusan serta partai Garuda,” jelas Ketua KPU Kota Pekalongan M Basir, Rabu (18/7).

Ditambahkan Basir, dari semua partai yang sudah daftar, hampir sebagian besar mendaftar di hari terakhir, atau Selasa (17/7), antara lain Perindo, PAN, PKS, PDIP, Demokrat, Gerindra, PPP, PSI dan teakhir PKB. Pada di hari Senin (16/7) sebelumnya tercatat baru 4 partai yang mendaftar, Golkar, Berkarya, Nasdem dan Hanura.

Hal yang sama juga berlaku di Kabupaten Batang, dua partai PKPI dan Garuda ditunggu hingga waktu terakhir tidak melakukan pendaftaran. Walaupun keduanya memiliki kepengurusan di Batang, namun tidak ada bacaleg yang mendaftar.

“Pendaftar masih didominasi partai lama, yang rata-rata hampir memenuhi kuota, seperti PDIP, PKS, Golkar dan partai besar lain. Namun Partai baru hanya berani mengajukan calon sedikit,” jelas Ketua KPU Batang Adi Pranoto, Rabu (18/7).

Disebutkan Adi, seperti PSI hanya mendaftar 3 orang dalam satu Dapil di Dapil 2, kemudian PBB yang kemabali ikut Pileg hanya mendaftarkan 6 orang, partai baru yang lebih berani Perindo memiliki 16 bacaleg. Serta ada partai Berkarya yang banyak dihuni orang-orang pensiunan ada 9 orang.

Dari bacaleg yang sudah mendaftar, kemudaian akan dilakuakn verifikasi data dalam sehari penuh. Kemudian para bacaleg akan diminta melengkapi berkas yang kurang ditnggu hingga 29 Juli 2018. Jika melebih batas waktu yang sduah ditetapkan,maka bacaleg dianggap gugur dan tidak bisa ikut pemilihan.

Sementara hingga Rabu (18/7) dini hari kemarin di Kabupaten Pekalongan hanya 14 parpol yang mengikuti Pileg dari total 16 parpol yang ada. Total bacaleg yang diterima oleh KPU Kabupaten Pekalongan sebanyak 431 orang.

14 parpol yang telah mendaftar di KPUD Kabupaten Pekalongan adalah Nasdem, Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Bulan Bintang, PKS, PKB, Gerindra, Golkar, Hanura, Berkarya, PPP, PSI, PAN, Perindo dan yang tidak mangajukan pendaftaran caleg adalah partai PKPI dan Partai Garuda.

“Untuk pemenuhan kekurangan persyaratan bakal calon diberikan kesempatan mulai tanggal 22 hingga 31 Juli 2018. Adapun tahapan selanjutnya adalah penyusunan daftar calon sementara yang akan diumumkan kepada masyarakat untuk mendapatkan tanggapan dan masukan,” ungkap Mudatsir. (han/thd/bas)