MENDAFTAR: Ketua DPC PDI Perjuangan Demak, Fahrudin Bisri Slamet menerima surat pengesahan berkas caleg dari Ketua KPUD Mahmudi disela pendaftaran. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENDAFTAR: Ketua DPC PDI Perjuangan Demak, Fahrudin Bisri Slamet menerima surat pengesahan berkas caleg dari Ketua KPUD Mahmudi disela pendaftaran. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Demak kemarin (17/7) mendaftarkan para calon legislatif (caleg) ke Kantor KPUD setempat. Pendaftaran dipimpin langsung Ketua DPC, Fahrudin Bisri Slamet, didampingi Sekretarisnya Sudarno dan Bendahara Sonhaji.

Sesampainya di KPUD, berkas caleg yang dimuat dalam wadah khusus kemudian diserahkan ke Ketua KPUD Mahmudi didampingi anggota komisioner Bambang Setiabudi dan Hestin Atas Asih. Ketua DPC PDIP, Fahrudin Bisri Slamet mengatakan, pendaftaran caleg partai yang dipimpinnya itu kemarin bertepatan pukul 10.00 dan tanggal 17.

“Ini sesuai dengan instruksi DPP. Kita pilih jam dan tanggal keramat ini untuk mengambil semangat hari kemerdekaan, yaitu semangat nasionalisme. Kita berharap, semua bisa berjalan lancar dan berkas caleg yang kita daftarkan ini bisa memenuhi syarat,” katanya.

Menurut Slamet, total caleg yang didaftarkan ada 36 orang. Caleg yang dipilih tersebut sesuai dengan ideologi partai sehingga tidak sembarang orang menjadi caleg PDIP tersebut.  Yang menarik, caleg yang didaftarkan lebih dari separuhnya adalah wajah baru. Kemudian, untuk kuota perempuan juga mencapai 44 persen melebihi kuota yang ada.

Sementara itu, Ketua KPUD Demak, Mahmudi menyampaikan, setelah berkas caleg PDIP itu diserahkan, pihaknya langsung melakukan penelitian terkait kelengkapan pencalonan. “Untuk sementara ini, secara umum berkas caleg yang sudah lengkap  kita berikan surat kelengkapan berkas. Adapun, hasil penelitian kita sampaikan tanggal 21 Juli. Sedangkan, untuk perbaikan berkas antara 22 sampai 31 Juli,” katanya.

Hingga batas terakhir pendaftaran kemarin, sejumlah partai yang sudah mendaftar adalah PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, PPP, Golkar, PAN dan lainnya. (hib/bas)