14 Parpol Usung 276 Bacaleg

305
PAWAI: Kader PDIP memilih melakukan pawai dalam pendaftaran caleg ke KPU kemarin. (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PAWAI: Kader PDIP memilih melakukan pawai dalam pendaftaran caleg ke KPU kemarin. (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Hingga batas akhir pendaftaran calon legislatif (caleg), dua partai politik yakni PKPI dan Hanura tidak mendaftarkan bacalegnya ke KPU Kota Salatiga. Untuk itu, total parpol yang mendaftarkan bakal caleg (bacaleg) ada 14 partai.

Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati kepada wartawan mengatakan, untuk PKPI di Kota Salatiga kepengurusannya tidak diketahui, kemudian untuk Hanura pada saat dua hari menjelang batas pendaftaran, bacaleg pengurusnya mundur  “Yang mendaftar bacaleg ada 14 parpol, sekarang masih dilakukan verifikasi administrasinya,” papar Putnawati.

Setelah dilakukan verifikasi administrasi berkas bacaleg masing-masing parpol, kata dia, pemberitahuan hasil verifikasi administrasi akan diserahkan kepada masing-masing parpol pada tanggal 19-21 Juli.

Adapun total bacaleg yang didaftarkan 14 parpol di KPU Kota Salatiga ada 276 bacaleg. “Masing – masing parpol diberikan waktu memperbaiki berkasnya pada tanggal 22 – 31 Juli 2018,” jelas dia.

Sementara seluruh partai politik berbondong bondong mendaftarkan caleg mereka di hari terakhir masa pendaftaran (17/7) kemarin. Dimulai dari PKS dilanjutkan partai Demokrat dan kemudian PDIP.

Untuk PDIP, pendaftaran partai berlambang banteng ini cukup menarik perhatian mengingat seluruh caleg berjalan kaki dari DPC menuju KPU diiringi oleh drumblek. “17 itu tanggal bagus. Kemerdekaan RI juga tanggal 17. Dan kita daftarnya juga tepat jam 10. Kan jam 10 juga pas detik-detik proklamasi. Semuanya kan harus punya makna,” jelas Ketua DPC PDIP Kota Salatiga Teddy Sulistio.

Teddy menandaskan, pihaknya menargetkan sebanyak 12 dari 25 kursi untuk DPRD Kota Salatiga periode 2019-2024. “PDIP Salatiga bisa mempertahankan 100 persen kursi (8 kursi) yang dimiliki saat ini, itu bagus. Tetapi target rasional kita adalah 3 kursi perdapil, kita punya target untuk 12 kursi,” tandasnya.

Ia juga meminta seluruh caleg untuk tidak saling jegal. Karena dengan kebersamaan, target itu baru bisa diraih. Optimisme itu membuncah karena dalam pendaftaran caleg kali ini peminat mencapai lebih dari 40 orang dari kuota maksimal 25 orang.

Dan dengan pemahaman dan kondisi yang ada, semua pendaftar memahami kekuatan dan kekurangan masing – masing. “Saat ini, semua masih saling mendukung, baik yang maju atau tidak,” imbuh politisi senior PDIP ini. (sas/mg7/mg8/bas)