MPLS SD Mutual Fokus Pendidikan Karakter

254
BACA ALQURAN : Salah satu siswa baru kelas 1 SD Muhammadiyah Alternatif 1 Kota Magelang, Keanu sedang demonstrasi tahfidz Alquran di depan teman barunya didampingi Ustad Saehi. (SD Mutual for JP Radar Kedu)
BACA ALQURAN : Salah satu siswa baru kelas 1 SD Muhammadiyah Alternatif 1 Kota Magelang, Keanu sedang demonstrasi tahfidz Alquran di depan teman barunya didampingi Ustad Saehi. (SD Mutual for JP Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD Muhammadiyah Alternatif 1 (SD Mutual) Kota Magelang yang dilaksanakan sejak Sabtu-Selasa (14 – 17/7) berlangsung lancar dan diikuti antusias oleh para siswa. Selain itu, adanya imbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui gerakan mengantar sekolah oleh orang tua siswa juga menjadi pemandangan yang luar biasa di saat anak-anak memasuki kelas baru dengan teman dan guru barunya.

Tim MPLS kelas I Siti Nurhayati menuturkan, agenda MPLS di SD mutual sangat bervariatif bagi siswa kelas I. Mulai pengenalan para guru, nama kelas, buku-buku, lingkungan sekolah, kegiatan kreativitas serta pendidikan karakter, semua tidak luput dari kegiatan ini.

“Pendidikan karakter menjadi fokus tim MPLS SD Mutual, dengan berbagai kegiatan dengan diawali kegiatan bersuci, salat, mengaji hingga konsep bagaimana siswa memegang pensil, cara duduk yang baik dan benar,” jelas Siti, Selasa (17/7). Tahun ini SD Mutual fokus dalam pendidikan karakter dengan dilengkapi dengan aneka kegiatan yang membangun kreativitas siswa.

Kepala SD Mutual Mustaqim mengungkapkan, MPLS tahun ajaran 2018/2019 diikuti antusiasme tinggi oleh para siswa. “Pengenalan lingkungan sekolah tahun ini lancar dengan berbagai kegiatan tapi tetap kami fokuskan pada penanaman pendidikan karakter, pendidikan islami, mulai cara bersuci dan motivasi kreativitas,” imbuh Kepala Sekolah Penerima Leadership Award Jawa Pos Radar Kedu tersebut.

Mustaqim menuturkan, MPLS kali ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu di Kampus 1 Jalan Tidar dan di Kampus 2 Jalan Jeruk Timur Sanden Magelang. Mulai tahun ajaran 2018/2019, SD Mutual Kota Magelang melakukan pengembangan di dua lokasi tersebut. “Semoga dengan MPLS ini semua siswa dapat termotivasi untuk belajar dengan penuh semangat,” beber Kepala Sekolah Berprestasi Kota Magelang tersebut.

Salah satu siswa kelas 1 SD Mutual kampus 2, Ananda Keanu mengungkapkan rasa senangnya sekolah di SD Mutual. “Saya senang sekali belajar di SD Mutual, temannya baik-baik, gurunya ramah dan lucu-lucu, ada jalan-jalan, diajari membuat sate buah dan juga permainan dan diajari salat,” ungkap Keanu dengan gembira. (had/sct/ton)