Bacaleg PBB 100 % Perempuan

419

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Pada umumnya, partai politik kesulitan mencari bakal calon legislatif (bacaleg) perempuan untuk diusung dalam Pemilu 2019. Tapi tidak demikian untuk Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Temanggung. Seluruh bacaleg yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjenis kelamin perempuan.

“Kami mengirim 5 bacaleg, semuanya perempuan. Kelima itu, kita sebar di daerah pemilihan (dapil) 1 sebanyak 2 orang, dapil 2 sebanyak 1 orang dan dapil 4 (ada) 1 orang,” ucap Ketua DPC PBB Temanggung Untoro usai menyerahkan berkas bacaleg di KPU Temanggung, Selasa (17/7).

Untoro menuturkan, sebenarnya ada beberapa kader PBB yang mau ikut mendaftarkan diri pada Pemilu 2019 ini. Namun karena belum mengetahui basis-basis dari PBB, sehingga untuk periode ini belum banyak bacaleg dari PBB. “Sebenarnya tidak sulit, tapi kader kami masih melihat kader-kader yang lainnya. Kemungkinan periode yang akan datang akan lebih banyak bacaleg dari PBB,” terangnya.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmiko menuturkan, hingga pukul 18.00 WIB, sudah ada 5 parpol yang mendaftarkan bacalegnya dan dinyatakan memenuhi syarat (TT). Parpol tersebut adalah Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan PBB “Kami masih menunggu parpol-parpol lain hingga pukul 24.00,” ucap Sujatmiko.

Parpol yang pertama kali mendaftar adalah Partai Hanura, kemudian disusul PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Nasdem dan PBB. Partai Hanura mendaftarkan 26 bacaleg, 13 di antaranya perempuan untuk 6 dapil. PDI Perjuagan mendaftarkan 25 bacaleg, 11 di antaranya perempuan untuk 6 dapil. Partai Demokrat mendaftarkan 44 bacaleg, 16 di antaranya perempuan untuk 6 dapil. Partai Nasdem mendaftarkan 45 bacaleg, di antaranya 20 perempuan untuk 6 dapil. (san/ton)