RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Hal sederhana tapi kreatif dilkukan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kendal. Mereka menggelar kegiatan ‘Road Show Police Goes To School’  dengan mengkampanyekan safety riding atau berkendara aman bagi siswa SMA di Kendal.

Untuk yang pertama, Satlantas Polres Kendal menyasar para siswa di SMA 1 Cepiring. Sejumlah polisi memberikan paparan tentang cara berkendera dengan baik. Dimulai dengan memperkanalkan perlengkapan keamanan saat berkendara berikut fungsi dan manfaatnya.

Usai pemamparan ratusan siswa diajarkan cara mengendarai sepeda sepeda motor yang aman dan sesuai perundang-undangan lalu lintas. Antusias para siswa baru yang masih dalam masa pengenalan lingkungan sekolah terlihat. Bahkan mereka tak canggung-canggung untuk bertanya dan praktek bersama para Polisi.

Aipda Agung Sugiarta, salah satu anggota Ditlantas Polda Jateng memberi paparan tentang fungsi penting dari kelengkapan berkendara. Mulai dari Helm yang menjadi perlengkapan utama bagi pengendara roda dua. Selain itu rambu dan tata tertib berlalu lintas di jalan.

Dalam mempraktekan berkeselamatan dalam berkendara itu, Agung juga melibatkan seorang siswa untuk mempermudah siswa memahami materi yang dibawakan. “Jadi helm itu bukan untuk menghindari tilang Polisi, namun juga menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan kecelakaan seperti air hujan dan debu,” katanya, kemarin (16/7).

Kasat Lantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno mengatakan jika momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ini menjadi awal baik untuk memberikan penjelasan tentang aturan berkendara aman. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Edi menjelaskan jika angka kecelakaan lalulintas di di Kendal masih cukup tinggi. Malah rata-rata didominasi usia muda sebagai korbannya. Hal itu dipengaruhi karena kurang tertibnya saat berkendara dan tidak menaati rambu lalu lintas yang ada.

“Harapannya dalam Masa Pengenelan lingkungan sekolah ini, kami memberikan penjabaran kepada para siswa baru tentang berkendara aman. Tujuannya supaya mereka paham tentang tata tertib berlalulintas dan berkendara aman. “Sehingga angka kecelakaan dijalan bisa ditekan,” katanya.

Kegiatan sosialisai Safety Riding itu disambut baik oleh pihak sekolah, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cepiring, Endang Widarti. Ia berharap jika kegiatan ini tidak hanya sekali pada moment tertentu saja dilakukan. Tapi bisa kontinyu pada momen-momen selanjutnya. “Sebab pembelajaran langsung dari Kepolisian lebih baik dan dapat langsung diterima oleh Siswa Siswi, ketimbang guru atau orang tua yang menjelaskan,” tuturnya. (bud/bas)