Daftarkan Bacaleg di Hari Terakhir

344
Ari Murti Hendro Wardani (Ahsan fauzi/radar kedu)
Ari Murti Hendro Wardani (Ahsan fauzi/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Sehari sebelum penutupan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Kabupaten Temanggung untuk Pemilu 2019, Senin (16/7), belum ada satupun partai politik (parpol) yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Hingga pukul 16.00, belum ada satupun parpol mendaftar (mengirim berkas bacaleg). Tadi (kemarin) yang datang, pengurus Partai Hanura, Perindo dan PDI Perjuangan, namun hanya konsultasi saja,” ujar Komisioner KPU Temanggung Divisi Teknis, Ari Murti Hendro Wardani, Senin (16/7).

Ari melanjutkan, yang sudah berkoordinasi dengan KPU untuk mendaftar Selasa hari ini  adalah Partai Perindo dan Nasdem. Adapun parpol lainnya belum ada yang korfimasi.

“Partai Perindro rencana pagi, Nasdem rencana pukul 14.00. Untuk parpol lainya belum memberikan keterangan,” ungkap Ari sore kemarin.

Ari menerangkan, masa pendaftaran bacaleg dimulai 4-17 Juli 2018. Untuk tanggal 4-16 ditutup sampai pukul 16.00, khusus di hari terakhir, 17 Juli ditutup pukul 24.00. Menurut Ari, sejak dibuka pendaftaran, para pengurus parpol di Temanggung secara umum sudah konsultasi terkait dengan persyaratan administrasi dan kelengkapannya untuk bacaleg.

“Dari 16 parpol peserta pemilu di Temanggung, secara umum, sudah konsultasi ke kami. Namun tidak ada tindak lanjutnya untuk mendaftar,” urainya.

Sementara itu, Ketua KPU Temanggung, Sujatmiko menambahkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi jauh-jauh hari dan telah memberikan bimbingan teknik (bimtek) bagi pengurus parpol.

“Kita telah melakukan bimtek kepada pengurus parpol lebih awal. Harapannya pengurus parpol lebih siap, namun faktanya daftarnya pada mepet,” tandasnya.

Untuk diketahui, 16 parpol peserta Pemilu 2019 Kabupaten Temanggung, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, PPP, PAN, PKB, PKS, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Kemudian, PBB, PKPI, PSI, Perindo, Partai Garuda dan Partai Berkarya. (san/lis)