KOMPAK: Anggota Semarang Fortuner Community (SFC) foto bersama diacara halal bi halal sekaligus perayaan SFC yang ke-8 tahun di hotel Patra Jasa Minggu malam (15/7) kemarin. (ADEN WICAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KOMPAK: Anggota Semarang Fortuner Community (SFC) foto bersama diacara halal bi halal sekaligus perayaan SFC yang ke-8 tahun di hotel Patra Jasa Minggu malam (15/7) kemarin. (ADEN WICAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – FORTUNER Community (SFC) pada 6 Juli 2018 lalu resmi menginjak usia ke-8. Berbagai kegiatan telah dilakukan, sebagai wujud syukur komunitas mobil terbesar di Kota Semarang. Salah satunya melakukan kegiatan sosial berupa khitanan masal dan puncaknya adalah melakukan Silaturahmi dan Halal Bihalal antar anggota di Pool Side Patra Semarang Hotel, Minggu malam (15/7) kemarin.

Dalam puncak acara tersebut didukung penuh oleh Rokok Sukun dan Nasmoco Grup. Dihadiri oleh perwakilan Dirlantas Polda Jateng, Ketua IMI Provinisi Jateng, Kadarusman, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Jateng, Urip Sihabudin, Managing Director Nasmoco Grup, Fatrijanto, serta perwakilan komunitas Fortuner dari Bandung, Solo, Surabaya, Jogjakarta, Banyumas, Bali, Makassar dan kota lainnya.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) SFC ini dimeriahkan oleh pertunjukan musik lengkap dengan famale DJ yang berkolaborasi dengan Lady Percussion, games, halal bihalal hingga pesta kembang api. Digelar juga acara nonton bareng Final Piala Dunia antara Perancis dan Kroasia. Saat acara berlangsung, diputar video ucapan dari petinggi di Jateng, seperti Gubernur Ganjar Pranowo, Wali Kota Hendrar Prihadi, Kombes Pol Bakharuddin dan lainnya.

Ketua Panitia Acara, Adam Gumelar mengatakan jika komunitas tersebut terbentuk pada 6 Juli 2010. Kini menjelma sebagai komunitas yang solid dan menjadi panutan komunitas mobil lain di Jateng. Rangkaian kegiatan HUT SFC sendiri dilakukan mulai 11 Juli lalu dengan melakukan khitanan masal bekerjasama dengan RS Hermina Pandanaran.

“Ada 20 anak panti asuhan dan kaum dhuafa yang kami khitan sebagai bentuk kepedulian terhadap keluarga yang kurang mampu,” katanya usai membuka acara HUT SFC Ke-8, kemarin.

Pria yang disapa Adam ini menjelaskan, kegiatan HUT SFC sengaja dilakukan pada akhir pekan, agar keguyuban antarmember dan keluarga member bisa terjaga. Hal itu selaras dengan jargon yang dipegang teguh antar member, yakni Besar Karena Persahabatan, Hebat Karena Saudara. Total ada sekitar 95 member SFC yang hadir dalam acara tersebut. “Pada usia ke-8 ini, kami berharap untuk selalu kompak dan solid dan mendapat dukungan dari Dirlantas Polda Jateng yang menunjuk kami sebagai pelopor keselamatan berlalulintas,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum SFC, Susanto menambahkan jika kegiatan sosial yang dilakukan, diharapkan bisa menggugah sisi sosial antarmember untuk selalu melakukan kegiatan positif dan tidak terkesan sebagai komunitas yang ekslusif. “Kami menekankan rasa solidaritas, kekeluargaan dan kebersamaan. Tanpa itu semua, komunitas ini tidak bisa besar. Karena itulah, kami lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Santo ini menambahkan anggota SFC yang tercatat saat ini sekitar 111 member. Mereka tidak hanya dari Semarang, tapi dari lintas daerah seperti Salatiga, Kabupaten Semarang, Kendal, Kudus, Pati, Grobogan, Demak. Selain agenda sosial dan kopi darat (kopdar), juga dilakukan touring.

Touring biasanya dilakukan saat libur panjang ataupun weekend. Tujuannya agar sanak keluarga bisa ikut bersama dalam touring, bahkan bisa disebut piknik bersama. “Seperti acara malam ini (kemarin, red) diselenggarakan pas hari libur, jadi semua keluarga member bisa turut hadir,” ucapnya.

Terpisah Managing Director Nasmoco Grup, Fatrijanto mengatakan jika SFC adalah komunitas mobil yang selalu melakukan kegiatan positif. Selain itu, meski Fortuner merupakan salah satu produk premium Toyota, SFC tidak terkesan arogan. Justru menjadi contoh bagi komunitas lainnya. “Mereka bukanlah komunitas yang eksklusif, banyak kegiatan positif yang dilakukan. Tentu kami dari Nasmoco memberikan dukungan penuh kepada SFC,” tambahnya. (den/adv/ida)