Baru Tiga Parpol Daftarkan Bacaleg 

436
DAFTAR : Salah satu partai saat melakukan pendaftaran bacaleg di KPU Kota Pekalongan, Senin (16/7). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
DAFTAR : Salah satu partai saat melakukan pendaftaran bacaleg di KPU Kota Pekalongan, Senin (16/7). (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Sehari menjelang berakhirnya masa pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Kota Pekalongan dalam Pemilu 2019, baru tiga partai politik (Parpol) yang telah mendaftarkan bacaleg ke KPU Kota Pekalongaan, Senin (16/7).

“Kami sudah menerima pendaftaran peserta Parpol. Setelah kami cek dari berkas partai dan berkas bacaleg sudah memenuhi syarat,” terang Ketua KPU Kota Pekalongan Basir, Senin (16/7) sore.

Tiga Parpol yang telah menyerahkan yakni Partai Berkarya (17 daftar bacaleg), Partai Golkar (35 bacaleg).

Terakhir ada Partai Nasdem yang juga menyerahkan berkas menjelang malam.

Menurut Basir, sejak dibuka pendaftaran bacaleg pada 4 Juli, hingga 16 Juli pukul 16.00, sebenarnya ada partai lain yang sudah mendaftar, yaitu Hanura, pada Sabtu sebelumnya. Namun karena berkas masih kurang dikembalikan.“Kami baru menerima partai ketiga Nasdem setelah kemarin menerima Partai Golkar dan Berkarya,” ujarnya.

Parpol yang lolos verifikasi untuk mengikuti Pemilu 2019 di Kota Pekalongan ada 15 partai.

Setelah pengajuan daftar calon anggota DPRD Kota Pekalongan, tahap berikutnya yakni verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon semua Parpol yang mendaftar pada 18 Juli mendatang.  Selanjutnya, pada 22 Juli, KPU Kota Pekalongan akan memanggil semua Parpol untuk menyampaikan hasil verifikasi.

“Barangkali ada berkas caleg yang kurang, misalnya legalisir atau belum ada surat keterangan pengadilan, bisa melengkapi mulai 22 Juli hingga 31 juli. Setelah itu, akan dicek kembali. Selanjutnya kami akan menyiapkan daftar caleg sementara DPRD Kota Pekalongan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Partai Berkarya Syafrizal Munir menargetkan lima kursi di DPRD Kota Pekalongan pada Pemilu 2019 mendatang. “Ada penambahan lima kursi, kami akan ambil lima kursi itu,” katanya.(han/zal)