Pohon Peneduh Jalan Pahlawan Dibabat

449
SEMRAWUT : Kondisi sepanjang Jalan Pahlawan tanpa pohon peneduh, Minggu (15/7). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
SEMRAWUT : Kondisi sepanjang Jalan Pahlawan tanpa pohon peneduh, Minggu (15/7). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang memperlebar Jalan Pahlawan dari 8 meter menjadi 10 meter. Jalan yang diperlebar sepanjang sekitar 600 meter dari taman Pentiperi hingga lampu lalu lintas pertigaan Jalan Piere Tendean. Pohon-pohon peneduh di di daerah ini mulai dipotong dan jalur lambat dipersempit.

Kabid Binamarga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang, Santoso Endra Gunawan, mengatakan, langkah ini ditempuh karena selama ini sepanjang Jalan Pahlawan sering terjadi kepadatan di setiap jam-jam berangkat dan pulang sekolah. “Pelebaran jalan yang dulunya dengan lebar rata-rata 8 meter dilebarkan menjadi 10 meter tersebut akan dilakukan mulai dari taman Pentiperi hingga lampu merah pertigaan jalan Piere Tendean sepanjang 600 meter,” kata Santoso.

Untuk memperlebar Jalan Pahlawan, pihaknya terpaksa membongkar dan memindah pohon-pohon peneduh yang berada di sepanjang jalan. Selain itu, jalur lambat yang dipergunakan bagi pesepeda dan juga pengemudi becak, dipersempit dari lebar 3 meter menjadi 2,5 meter. Trotoar dan selokan di sepanjang jalan ini juga akan dibenahi.

“Untuk trotoarnya juga akan di keramik, namun kita lakukan penyempitan yang awalnya 1,5 meter akan kami sempitkan menjadi 1,2 meter. Pekerjaan yang telah ditetapkan mulai tanggal 29 Juni hingga 150 hari ke depan tersebut laksanakan oleh PT Armada Hada Graha. Untuk anggarannya senilai Rp 4,3 miliar dari APBD Kota Magelang tahun 2018 ini,” jelas Santoso.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, menyampaikan, perluasan tersebut merupakan bagian upaya dari pemerintah untuk mengurangi kemacetan di setiap kali jam berangkat dan pulang sekolah. “Sering macet setiap pulang sekolah maka kita urai, kita lebarkan. Masyarakat jangan suudzon dulu, nanti akan jadi lebih bagus,” kata Wali Kota. (had/ton)