Oleh: Ari Susilowati  SPd
Oleh: Ari Susilowati  SPd

RADARSEMARANG.COM – ILMU ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani oikos yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan nomos  atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Manfaat mempelajari ilmu ekonomi, antara lain: setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, maka dari itu ilmu ekonomi sangat berperan penting di sektor kebutuhan manusia. Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup sumber daya manusia (SDM).

Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial/masyarakat. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa sosial dan bersifat teliti (cermat) serta ekonomis.

Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak. Mempelajari ilmu ekonomi sangat penting, dan hal pokok bagi setiap masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, tujuannya agar dapat dengan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan yang terpenting/ mendesak terlebih dahulu.

Mempelajari ilmu ekonomi melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhanya. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita dapat mengatur perekonomian pribadi seperti menggunakan uang saku dengan hemat, dan lain sebagainya.

Selain itu, sebagai pelajar pasti membutuhkan barang-barang untuk bersekolah. Dengan ilmu ekonomi, kita pasti akan lebih memilih kebutuhan yang paling penting untuk didahulukan daripada kebutuhan yang tidak terlalu penting seperti alat-alat tulis.

Sebetulnya kehidupan sehari-hari tidaklah lepas dari kegiatan ekonomi, contoh lainnya adalah Anda yang berusaha mencukupi kebutuhan sehari-hari. Anda memiliki sumber daya, yakni  tenaga yang Anda gunakan untuk bekerja. Anda akan mendapatkan uang sebagai imbalan atau balas jasa, uang di sini sebagai sumber daya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pada dasarnya ada dua alasan penting mengapa ilmu ekonomi harus dipelajari. Yakni, berkaitan dengan kebutuhan manusia yang tidak kunjung habis. Agar bisa menentukan prioritas, ilmu ekonomi harus dipelajari. Manfaat ilmu ekonomi itu sangatlah banyak dan tanpa kita sadari kita sudah menikmatinya.

Penjelasan di atas sifatnya lebih kepada manfaat mempelajari ilmu ekonomi secara umum. Sedangkan manfaat mempelajari ekonomi bagi seorang peserta didik/siswa antara lain: Pertama, melatih seorang siswa agar berjiwa sosial, di mana siswa diajarkan untuk lebih peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar, lebih teliti serta ekonomis. Selanjutnya dapat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan terpenting, seperti yang kita cermati bersama betapa anak-anak zaman now, mereka tidak melihat apa yang benar-benar mereka butuhkan seperti penjelasan di atas. Contoh konkritnya seperti kendaraan roda dua dan HP, jika tidak digunakan sesuai dengan fungsinya justru akan merugikan siswa.

Kedua, melatih seorang siswa lebih mandiri dalam merencanakan dan mengelola kebutuhan. Bagaimanapun juga dengan memberikan kepercayaan siswa akan lebih terpacu berpikir dan bertindak secara lebih rasional.

Kita sudah cermati dan pelajari tentang apa itu ilmu ekonomi, apa manfaatnya bagi kita sebagai masyarakat yang setiap saat selalu bersinggungan dengan perekonomian. Begitu juga kaitannya dengan para peserta didik pastinya memiliki manfaat yang lebih besar untuk belajar lebih kritis dan rasional dalam menentukan setiap keputusan. Penulis juga berharap semoga bermanfaat bagi penulis dan pembaca semua. (kpig1/aro)

Guru Ekonomi di MANU Batang