Menuju Senja di Ujung Semarang

2260
TEMPAT NONGKRONG: Selain menyajikan pemandangan yang indah di sore hari, kawasan pantai Cipta juga memiliki sejumlah tempat nongkrong yang asyik. (LAKNA TULAS/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TEMPAT NONGKRONG: Selain menyajikan pemandangan yang indah di sore hari, kawasan pantai Cipta juga memiliki sejumlah tempat nongkrong yang asyik. (LAKNA TULAS/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – PEMANDANGAN Langit senja dengan warna matahari jingga yang memantul dari laut menjadi obat lelah yang sempurna bagi masyarakat yang setiap hari disibukkan oleh pekerjaan dan penat hiruk pikuknya kehidupan kota.

Pantai Marina memberikan pemandangan sunset yang sempurna. Itulah sebabnya pantai yang terletak di sisi utara Kota Semarang menjadi jujukan yang pas bagi masyarakat Semarang yang tak ingin pergi jauh untuk sekedar berlibur dan menghilangkan penat.

Mendekati senja, pengunjung semakin banyak berdatangan. Biasanya pengunjung mulai berdatatangan mulai pukul 15.30. Selain hanya ingin duduk santai di batu karang, pecinta fotografi juga menjadikan pantai ini sebagai spot favorit mereka.

“Sengaja datang ke pantai Marina untuk bersantai dan nyari sunset aja, katanya di sini bagus, ya sudah saya coba aja kesini, baru pertama sih kesini,” ucap Agustri Wijayanti (28) salah satu pengunjung ditemui Jawa Pos Radar Semarang.

Bonus lainnya, di Pantai Marina pengunjung juga bisa menyaksikan pesawat yang  take off dari Bandara Ahmad Yani Semarang. “Sengaja datang untuk hunting foto disini, kebetulan bagus gak hujan, jadi bisa dapat sunset yang bagus, ” ujar Siti Yulaikah (26) salah satu pengunjung dari Bandungrejo, Mranggen.

Spot lain yang juga banyak diburu masyarakat adalah pantai Baruna. Letaknya memang tersembunyi di balik ilalang dan sedikit jauh dari jalan raya. Untuk menuju ke tepian pantai, pengunjung diharuskan melewati jalan setapak dengan tanah bergelombang.

Pengunjung akan melihat bantaran sungai air laut sebagai pemandangan pertama. Semilir angin menambah kesan sejuk dan nyaman bagi para pemancing untuk menikmati senja di sepanjang aliran sungai. Mereka berjejer di bibir pantai dengan memegang kail dan bercengkerama dengan pengunjung lain.

Tak lengkap rasanya jika berburu senja di Semarang tak mengunjungi pantai Cipta. Pantai yang banyak disebut sebagai mutiara yang tersembunyi lokasinya berada jauh dari jalan pantura dan harus melewati jalanan dengan pemandangan ribuan kontainer di sisi kanan-kiri jalan. Di Pantai Cipta bagian barat, pengunjung bisa menikmati pasir pantai dan bermain air laut. Bebatuan kecil yang berlumut serta buih-buih air bisa mempercantik pemandangan tepi pantai. Namun, hati-hati apabila air sedang pasang karena ombak bisa sedikit lebih besar.

Di sisi timur, pemandangan kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Tanjung Mas serta kegiatan pelabuhan lainnya terlihat jelas dari sisi Pantai Cipta. Kita bisa memandang temaram lampu kapal di pelabuhan ketika senja mulai menjelang. Tak hanya itu, spot sunset di Pantai Cipta tak kalah keren dibanding Pantai Baruna. Disini, kita dapat berelaksasi dengan nyaman memandangi lautan lepas, deburan ombak, serta kita dapat menikmati sunset jika cuaca tidak mendung. (mg7/mg8/mg9/mg13/bas)