Kebut Penyusunan Raperda Pendidikan

127
Ahmadi (DOK RADAR SEMARANG)
Ahmadi (DOK RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – DPRD berkomitmen untuk bisa memajukan pendidikan di Jateng. Salah satunya dengan mengebut penyelesaian Raperda Penyelenggaraan Pendidikan. Langkah tersebut sebagai upaya agar kualitas pendidikan di Jateng bisa semakin baik.

“Ini sebagai payung hukum untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan khususnya di Jateng,” kata Wakil Ketua DPRD Jateng Ahmadi.

Dewan sudah melakukan konsultasi terkait Raperda Pelenyenggaraan Pendidikan ke Kemendikbud. Selain itu, juga terus menggali data dengan studi banding di Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. “Kami terus mencari informasi dan data-data tambahan mengenai penyusunan Raperda Penyelenggaraan Pendidikan,” ujarnya.

Jogjakarta dipilih karena sudah ada Peraturan Daerah (Perda) mengenai Pengelolaan Pendidikan Menengah. Salah satu yang menjadi ciri-ciri Perda tersebut adalah memasukkan unsur budaya. Pengelolaan Pendidikan Menengah di Jogjakarta menitikberatkan bagaimana mengurangi jarak satu sekolah dengan sekolah yang lain. “Tentunya dengan menanamkan nilai-nilai budaya, itu yang bisa diadopsi di Jateng,” tambahnya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Karsono mengatakan, pihaknya sudan menata draft terkait penyelenggaraan pendidikan. Dalam draf tersebut membutuhkan gambaran nyata mengenai masukan, saran tentang pendidikan, agar dalam aspirasi mengenai pendidikan bisa terakomodasi dan dapat terangkum menjadi pasal-pasal. Pihaknya juga sudah mengumpulkan data dan melihat kondisi di daerah se-Jateng. “Semoga semua dapat terakomodasi dalam rancangan yang ingin kami susun bersama Dinas Pendidikan Jateng,” ujarnya. (fth/ton)