Alumni UGM dan Undip Berkolaborasi

157

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) dan Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) berkomitmen membantu pemerintah membangun kesejahteraan. Melalui kolaborasi, kedua ikatan alumni ini telah melakukan sejumlah kegiatan yang berfokus di bidang sosial dan agroindustri.

Wakil Sekjen Kagama, Sri Puryono menjelaskan, kegiatan yang sudah dilakukan diantaranya ada donor darah, operasi katarak, hingga jambanisasi di sejumlah daerah demi kehidupan masyarkat yang lebih sehat. ”Untuk yang jambanisasi salah satunya di Desa Kemijen. Setelah ini nanti juga akan ada kegiatan sosial bedah rumah. Akan segera dilaksanakan,” ujar Sekda Jateng ini di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Sabtu (14/7).

Selain bedah rumah, lanjutnya, kolaborasi alumni dua universitas ternama ini juga tengah mempersiapkan kegiatan edukasi bersama melalui kegiatan Kagama dan IKA Undip mengajar. ”Tujuannya agar masyarakat dan para pelajar paham tentang empat pilar kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhiineka Tunggal Ika, dan NKRI,” jelasnya.

Ke depan, tidak hanya dua perguruan tinggi. Kolaborasi hubungan alumni akan dikembangkan dengan dengan perguruan tinggi lain, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan beberapa universitas lainnya. Dengan demikian, dikatakan Puryono, kegiatan ini bisa mewadahi Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri.

Ketua Umum Kagama, Ganjar Pranowo mengatakan, kegiatan di tahun kedua ini semakin menarik dengan banyaknya kegiatan yang diusung. Acara yang digelar kali kedua ini diramaikan oleh berbagai stan UMKM, kuliner, dan lomba mewarnai anak TK. Sedikitnya ada 60 stan UMKM dan 40 stan kuliner yang dibuka untuk umum. (sga/ton)