Joko Purnomo (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Joko Purnomo (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sebanyak 22 orang resmi mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah. Sementara 2 bakal calon lainnya gugur sebab tidak jadi mendaftar sampai batas akhir penutupan pendaftaran Rabu (11/7) lalu. Mereka adalah Firly Yanuar Mulyana dan Rojih.

“Sampai penutupan, 22 bacalon DPD yang mendaftar dan memasukkan berkas. Dua bacalon DPD lainnya tidak mendaftar, otomatis gugur,” kata Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, Sabtu (14/7). Mereka yang memenuhi syarat, nantinya akan memperebutkan 4 kursi sebagai wakil dari Jateng.

Terdapat 3 petahana DPD yang kembali mendaftar. Mereka adalah Bambang Sadono, Denty Eka Widi Pratiwi, dan GKR Ayu Koes Indriyah.

KPU akan melakukan penelitian dan verifikasi data yang dilaksanakan pada 28 – 31 Juli 2018. Selanjutnya terdapat masa perbaikan untuk syarat bakal calon. “Tahapannya masih lama, termasuk masa penelitian dan masa perbaikan. Untuk penetapan calon ada pada bulan September,” tambahnya.

Anggota KPU Jateng Hakim Junaedi menambahkan, pendaftaran bakal calon DPD RI dibuka 9-11 Juli 2018. Mereka yang mendaftar harus sudah menyerahkan syarat suara dukungan minimal 5.000 suara yang dibuktikan dengan fotokopi KTP pada April lalu. “Hasil penelitian berkas administrasi tersebut juga disampaikan pada yang bersangkutan dan jika belum lengkap harus diperbaiki,” katanya.

Hakim mengatakan, dari total 29 nama yang menyerahkan suara dukungan pada April lalu, 6 di antaranya dinyatakan memenuhi syarat. Sementara 18 orang harus melakukan perbaikan, dan lima lainnya dinyatakan gagal. “Kami melakukan verifikasi berkas untuk kemudian penetapan. Nanti untuk pelaksanaanya dalam Pemilu 2019,” tambahnya. (fth/ton)