Sanandya Silmi Pandanwangi (DOKUMEN PRIBADI)
Sanandya Silmi Pandanwangi (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.COM – CERMAT melihat peluang, membuat Sanandya Silmi Pandanwangi, sukses dalam bisnis kreasi buket bunga dan buket snack. Inspirasi kali pertama muncul, saat menyadari bahwa kedua buket tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Khususnya bagi remaja dan mahasiswa yang ingin memberikan hadiah, baik saat prosesi wisuda, ulang tahun, sidang skripsi dan acara romantis lainnya.

Tanpa berpikir panjang, gadis kelahiran Semarang, 8 Januari 1997 ini, langsung tertarik membuka bisnis buket bunga dan snack tersebut. Kemudian dipasarkan

melalui media sosial dan pemesanan langsung.

Namun demikian, ragil dari 2 bersaudara anak pasangan suami istri (Pasutri) dari Joko dan Nanik ini, sebelumnya sudah memiliki beberapa bisnis online. “Saya merasa semakin banyak peluang untuk mengeksplor dan mengembangkan bisnis. Dari situlah, saya merasa memiliki tantangan tersendiri. Kemudian awal 2018, saya memantapkan diri membuka bisnis buket hingga sekarang, ” kata gadis yang akrab disapa Silmi ini kepada Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (13/7).

Alumnus jurusan manajemen Unika Soegijapranata Semarang ini, merasa dengan peluang bisnis tersebut, dirinya bisa mengeksplor dan mengembangkan inovasi-inovasi baru untuk menarik minat konsumen. Ia juga bersyukur dari bisnis yang digelutinya, bisa membantu meringankan biaya selama kuliah hingga lulus.

“Untuk pembuatan buket bunga dan snack, sangat fleksible. Selagi saya bisa melayani, bakal langsung dirangkai bunganya, paling butuh 1 hingga 2 jam pembuatan. Kalau lagi ada kesibukan lain, agak lama. Makanya konsumen pesannya maksimal H-1,” ujarnya.

Untuk harga, sengaja membanderol yang cukup terjangkau dengan hasil yang memuaskan. Terpenting baginya, terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman, maka disitulah peluang selalu ada. Sekecil apapun peluang, harus dimanfaatkan, agar bisa meraih kesuksesan. “Kalau konsumen pesan bisa lewat instagram @bouquet.classy atau ke rumah,” ujarnya. (jks/ida)