Garap Potensi 15 Ribu Wisman

1294

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Potensi kunjungan wisatawan mancanegara melalui kapal-kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung Mas cukup besar. Jawa Tengah berupaya menggaet dengan menawarkan berbagai paket wisata menarik yang sesuai dengan durasi kapal bersandar.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Prambudi Traju Trisno mengatakan, wisatawan mancanegara masuk ke Jawa Tengah melalui beberapa pintu. Di antaranya melalui bandara, jalur darat serta laut.

“Sejauh ini data yang tercatat di badan pusat statistik baru wisman yang berkunjung melalui bandara, namun wisman-wisman yang masuk dan tercatat melalui bandara lain kemudian berkunjung ke Jateng via jalur darat juga ada, termasuk melalui cruise dengan potensi yang cukup besar,” ujarnya, Kamis (12/7).

Dalam setahun, setidaknya terdapat 20 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung Mas. Kapal-kapal tersebut membawa ratusan hingga seribu penumpang. “Memang tidak semua penumpang turun, bila kita ambil rata-rata 750 penumpang yang turun dari total 20 kapal, maka bisa mencapai 15.000 wisman per tahun. Itu pun kapal masih bisa bertambah, menjadi 24 atau bahkan pernah hingga 27 kapal,” ujarnya.

Diakuinya, sejauh ini penyelenggara masih dipegang oleh panitia dari Bali dan Yogyakarta. Namun, Jawa Tengah tidak mau ketinggalan menangkap peluang tersebut. Salah satunya dengan membuat berbagai paket wisata.

“Rata-rata mengarah ke Borobudur, tapi kini kami tawarkan juga paket-paket lain, sehingga objek-objek di Jateng juga bisa dikunjungi. Baik paket seputar Semarang raya, paket sejarah dan budaya, paket wisata religi, hingga paket ke Karimun Jawa,” ujarnya. (dna/ton)