4.1179.000 Jiwa Warga Jawa Tengah Miskin

268

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Kemiskinan di Jawa Tengah masih berada di atas rata-rata nasional, yakni di angka 12,23 persen. Secara riil, jumlah warga miskin di Jawa Tengah mencapai 4.179.000 jiwa. Penduduk miskin tersebar hampir di semua wilayah Jawa Tengah.

“Sebarannya hampir di semua wilayah. Namun ada sejumlah wilayah yang kami prioritaskan untuk ditangani,” jelas Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko.

Upaya penanganan kemiskinan terus dilakukan dengan menggandeng semua pihak.  Secara bersama-sama, pemerintah mengajak untuk mengatasi kemiskinan melalui beberapa langkah, diantaranya dengan memenuhi kebutuhan dasar warga miskin.

“Poin nya ada tiga. Sandang pangan papan, akses kesehatan dan juga akses pendidikan. Program pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas disamping memenuhi kebutuhan sandang pangan papan itu tadi,” ujarnya.

Ditambahkan, Pemerintah menginginkan agar orang sakit terlayani. Sementara itu, melalui pendidikan pemerintah menginginkan agar semua orang miskin mendapatkan kesempatan bersekolah di sekolah yang baik. Sehingga, ketika lulus bisa memutus rantai kemiskinan karena bisa masuk ke dunia kerja. “Kebutuhan ini yang menjadi prioritas untuk kita penuhi terlebih dahulu,” jelasnya.

Sementara itu, yang tidak kalah penting adalah program untuk membuat masyarakat tidak miskin dengan sendirinya. Atau, dengan kata lain, upaya menjuaga keberlanjutan program agar orang miskin tidak selalu miskin.

“Yaitu dengan membuka kesempatan agar orang miskin bisa bekerja. Ada program memberikan informasi pasar kerja yang baik, mendidik kewirausahaan orang miskin agar punya jiwa entrepreneur. Hingga memberikan modal kepada orang miskin,” paparnya.

Tidak dipungkiri, upaya pengentasan kemiskinan memang masih terbentur persoalan klasik. Kesulitan masih dihadapi terutama mengajak semua pihak berjalan bersama mengatasi persoalan ini secara tersistem. “Sehingga kami harus terus berupaya menyatukan langkah dengan koordinasi dan perencanaan yang lebih baik,” katanya.

Di tahun 2018, ditargetkan angka kemiskinan di Jawa Tengah dapat turun pada angka 11 persen. “Segala upaya sudah kita lakukan untuk mengatasi persoalan kemiskinan di Jawa Tengah,” tandasnya. (sga/zal)