TNI-Polri Tumpengan di Tengah Laut

279
HUT BHAYANGKARA : Dalam perayaan HUT Bhayangkara ke 72, TNI AL mengundang makan siang dan tumpengan anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, di atas KAL Pulau Menjangan, Rabu (11/7). (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)
HUT BHAYANGKARA : Dalam perayaan HUT Bhayangkara ke 72, TNI AL mengundang makan siang dan tumpengan anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, di atas KAL Pulau Menjangan, Rabu (11/7). (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sinergitas TNI-Polri semakin meningkat dan patut diacungi jempol. Wujud ini terlihat, TNI Angkatan Laut (AL) bersama anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang merayakan pesat HUT Bhayangkara ke 72 di tengah lautan.

Puluhan anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (11/7) kemarin, berkesempatan naik ke kabin Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Menjangan, Rabu (11/7). Mereka juga terkagum dengan isi ruangan kapal tersebut yang lantainya bersih, disertai AC, sofa, monitor.

“Kapalnya bagus, bersih, wangi, sejuk,” ungkap Kapolsek Kawasan Pelabuhan Kompol Nur Cahyo, saat berada di atas kapal tersebut, Rabu (11/7) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Nur Cahyo juga menyampaikan rasa terimakasih atas kejutan yang diberikan TNI AL. Menurutnya, kejutan ini merupakan sinergitas TNI dan Polri dalam meningkatkan tugas pengabdian kepada masyarakat.

“Ini wujud sinergitas yang nyata. Semoga ini berdampak pada koordinasi saat menjalankan tugas bersama, sehingga akan lebih baik untuk masyarakat,” katanya.

KAL Pulau Menjangan ini juga dilengkapi dengan satu pucuk meriam 20 milimeter dan dua pucuk meriam 12,5 milimeter. Kapal buatan PT Palindo Marine Batam ini baru selesai dirakit pada 19 April 2018, dan tiba di Semarang sebelum Lebaran. Kapal ini memiliki wilayah patroli di perairan Kendal hingga Tuban. Tipe kapal KAL 28, KAL Pulau Menjangan termasuk yang paling modern, dalam lingkup sektor terbatas Kendal-Tuban, kapal ini sudah memiliki radar yang paling canggih di kelasnya.

“Kami ingin memberikan hadiah kepada anggota polisi yang saat ini merayakan HUT ke 72 Bhayangkara dengan makan siang dan tumpengan di KAL Pulau Menjangan,” terang komandan kapal, Kapten Laut (P) Fuad Hilmi.

KAL Pulau Menjangan dengan nomor lambung 1-5-39 ini memiliki kecepatan penuh hingga 32 knot. Meski demikian kabin tetap tenang dan tidak goyang saat menerjang laut Jawa.
“Selamat menyambut HUT ke 72 Bhayangkara. Semoga sinergitas TNI Polri terus terjaga,” tegasnya. (mha/zal)