Siswa SMAN 1 Sabet Emas OSN

543
MEMBANGGAKAN: Dua siswa SMAN 1 Salatiga yang berhasil menyabet medali dalam OSN tingkat SMA. (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MEMBANGGAKAN: Dua siswa SMAN 1 Salatiga yang berhasil menyabet medali dalam OSN tingkat SMA. (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Dua siswa SMAN 1 Salatiga berhasil menyabet medali dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA yang dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, awal bulan ini. Keduanya membawa pulang satu medali emas di bidang biologi dan satu medali perunggu di bidang kebumian.

Penyabet medali emas bidang biologi adalah Hanif Al Husaini siswa kelas XI MIPA yang tinggal di Kutowinangun lor, Tingkir Salatiga. Sementara untuk peraih medali perunggu bidang kebumian adalah M. Eko Akbar Herianto, siswa kelas XII Mipa yang tinggal di Gendongan, Tingkir Salatiga.

SMAN 1 Salatiga sendiri mengirimkan enam siswa setiap cabang OSN. Kemudian, seleksi awal dilakukan di tingkat kota pada bulan Februari silam. Kemudian tersaring hingga tinggal tiga siswa per bidang dan disaring di tingkat Provinsi. Hingga akhirnya, dua siswa ini maju bersama kontingan Jawa Tengah maju ke tingkat Nasional.

“Dalam seleksi Nasional selama enam hari. Kita mendapatkan tugas praktik dan juga tes tertulis. Praktik antara lain melakukan pembedahan terhadap hewan dan ini saya mendapatkan jatah membedah kecoa. Selain itu kami juga mendapatkan materi soal sebanyak 50 soal,” terang Hanif.

Membedah kecoa memang bukan perkara mudah. Pasalnya Hanif sendiri menderita sinusitis yang tidak boleh berdekatan dengan pemicu alergi dan kecoa adalah salah satunya. Beruntung semua tantangan internal itu bisa diatasinya.

Kepala SMAN 1 Salatiga Suyitno menuturkan, pihaknya sangat berbangga dengan terusnya siswa mendapatkan prestasi pendidikan. Menurutnya, prestasi ini merupakan tantangan bagi siswa lain untuk bisa mengikuti jejaknya untuk meraih prestasi lainnya. Para pemenang mendapatkan medai, piaga serta uang pembinaan jutaan rupiah. (sas/bas)

Silakan beri komentar.