Pengelola Arsip Harus Bekerja Profesional

209

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Para pengelola arsip di seluruh unit kerja lingkungan Pemkot Magelang dituntut memiliki kompetensi mumpuni. Pasalnya, tata kelola kearsipan yang tidak berjalan optimal dapat menjadi masalah serius jalannya pemerintahan. Selama tiga hari, sekitar 74 orang mengikuti orientasi arsip dinamis inaktif, di Gedung Kyai Sepanjang.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Disperpusip) Kota Magelang, Triyamto mengaungkapkan, pengelolaan arsip yang profesional sangat dibutuhkan. Mengingat, arsip adalah dokumen penting negara. Sehingga harus mengikuti kaidah-kaidah kearsipan, sesuai dengan aturan baku pengelolaan arsip. “Selama ini, mungkin masih ada yang menyimpan arsip asal-asalan. Petugasnya juga masih ada yang serabutan,” kata Triyamto, Rabu (11/7).

Ia menyadari, permasalahan kearsipan yang kerap dihadapi adalah sumber daya manusia (SDM). Lalu, sarana dan prasarana yang kurang mendukung. “Belum semua OPD memiliki ruangan khusus untuk menyimpan arsip. Kami imbau, untuk arsip yang masih berjalan bisa disimpan sendiri. Apabila ada arsip penting, namun ragu-ragu untuk menyimpan dan merawatnya, bisa diserahkan kepada Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) atau depo arsip,” bebernya. (put/ton)

Silakan beri komentar.