Pastikan Serpihan Hati, Tanpa Kolesterol, Tinggi Nutrisi

Mahasiswa Polines Ciptakan Sereal dari Pisang

115
LATIH IBU-IBU : Tim mahasiswa Polines memberikan pelatihan kepada ibu-ibu Kelurahan Tandang, Tembalang, Kota Semarang membuat Serpihan Hati. (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LATIH IBU-IBU : Tim mahasiswa Polines memberikan pelatihan kepada ibu-ibu Kelurahan Tandang, Tembalang, Kota Semarang membuat Serpihan Hati. (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Tiga mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) bekerja sama dengan warga Kelurahan Tandang, Tembalang, Kota Semarang berusaha mengembangkan perekonomian rakyat. Tim yang diketuai oleh Alfianida Anisa Mustaqim ini membentuk grup usaha bagi ibu-ibu rumah tangga untuk menambah sumber pemasukan. Seperti apa ?

AFIATI TSALITSATI

RADARSEMARANG.COM – PENJUALAN pisang mentah ternyata sangat tinggi di wilayah Kecamatan Tembalang yang meliputi Meteseh, Rowosari, dan Tandang. Kondisi tersebut memantik keprihatinan tim mahasiswa Polines yang diketuai oleh Alfianida Anisa Mustaqim dengan anggota Syukron Alhakim dan Adhila Intan. Dari keprihatian tersebut, ketiga mahasiswa tersebut mengajak ibu-ibu melakukan inovasi agar buah pisang memiliki nilai jual tinggi.

Yakni dengan melakukan pelatihan keterampilan terhadap warga Tandang untuk mengolah pisang menjadi sereal. Produk tersebut, diberi nama Serpihan Hati atau Sereal Pisang Berbahan Alami.

Perlu diketahui, buah pisang mengandung potasium tinggi yang mampu menurunkan risiko stroke pada orang dewasa. Sedangkan, kebutuhan potasium harian tubuh manusia sebanyak 4700 mg. Dalam pisang, setidaknya mengandung 358 mg per 100gramnya. Selain itu, pisang juga kaya akan serat yang berperan melancarkan pencernaan pada tubuh manusia.

Karena itulah, kata Alfianida, produk Serpihan Hati ini memiliki kandungan nutrisi tinggi. Bahkan tanpa kolesterol, lantaran tidak melalui proses penggorengan. “Bahan bakunya seratus persen alami, ini sesuai namanya,” ujar Alfianida kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Produk ini, sambung Alfianida, diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat yang dewasa ini memiliki intensitas kesibukan yang tinggi. Kesibukan tersebut tentu saja menyita perhatian, sehingga tidak memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan 4 sehat lima sempurna bagi diri sendiri. Namun dengan asupan sereal Serpihan Hati ini, cukup diseduh dengan susu sangat cukup untuk menyuntik energi tubuh agar tetap sehat. “Terutama yang sedang berusaha menjaga berat badan, bisa untuk diet,” imbuhnya.

Saat ini, kata Alfianida, produk Serpihan Hati sudah bisa dicari di laman instagram serpihanhati.id. Dalam waktu dekat, kata dia, timnya akan segera membuat produk tersebut agar bisa dipesan dalam jumlah banyak melalui media jual beli daring. Program kreatif mahasiswa ini, masuk menjadi salah satu program dari 21 proposal yang lolos didanai oleh Kemenristekdikti tahun 2018. (*/ida)

Silakan beri komentar.