Promosikan Potensi Kopi Wonosobo

203
KOPI UNGGULAN : Jajaran Forkominda Pemkab Wonosobo mencicipi rasa berbagai jenis kopi khas Wonosobo dalam Pembukaan Festival Kopi dan Otomotif 2018 di halaman Gedung Sasana Adipura, Selasa (10/7). (IST)
KOPI UNGGULAN : Jajaran Forkominda Pemkab Wonosobo mencicipi rasa berbagai jenis kopi khas Wonosobo dalam Pembukaan Festival Kopi dan Otomotif 2018 di halaman Gedung Sasana Adipura, Selasa (10/7). (IST)

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Festival Kopi dan Otomotif kembali digelar Pemkab Wonosobo untuk mendongkrak pertumbuhan pertanian kopi. Festival yang digelar di halaman Gedung Sasana Adipura, Selasa (10/7) itu, dibuka oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo. Acara akan berlangsung hingga 15 Juli mendatang.

Eko menyatakan, Festival Kopi merupakan bagian dari upaya mengangkat potensi pertanian di Wonosobo. Kota bersuhu dingin tersebut memiliki karakter tanah yang berpotensi menghasilkan kopi yang enak.

Festival Kopi dan Otomotif diorientasikan tidak hanya sekadar menjadi ajang bertemunya pencinta dan pelaku usaha kopi maupun otomotif saja, namun juga sebuah upaya informatif, promotif, kreatif, inovatif, dan persuasif. “Festival Kopi dan Otomotif tahun 2018, saya harapkan mampu mengangkat potensi luar biasa kopi asli Wonosobo, sehingga kualitas kopi Wonosobo bisa diakui, tidak hanya lokal, tapi nasional dan siap bersaing dengan daerah penghasil kopi lainya,” kata Eko.

Sementara Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo Abdul Munir, menyampaikan, festival ini diharapkan bisa untuk mempromosikan kopi sebagai produk unggulan Kabupaten Wonosobo. “Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam festival ini seperti bursa kopi dan kuliner tradisional, fun battle penyeduhan dan penyajian kopi yang diikuti 14 kelompok tani kopi, mini kontes otomotif Indonesia, pentas kesenian tradisional, pentas komunitas musik kontemporer, pameran seni rupa dan foto, pentas band pelajar, perlombaan anak-anak dan pameran buku.”

Upaya mempromosikan Wonosobo juga dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan mengikuti ekspo di acara Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia yang berlangsung di Indonesia Convension Exhibition (IEC) Tangerang, 6-8 Juli 2018. Ketua Dekranasda Wonosobo Fairus Eko Purnomo mengatakan, pariwisata menjadi pilihan tepat sebagai potensi unggulan Wonosobo. “Kalau potensi pariwisata bisa dikemas dan dikelola lebih profesional dan manusiawi, pasti akan berdampak positif pada sektor investasi yang lain sehingga semua itu bisa dijadikan daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya,” katanya. (ali/cr1/ton)

Silakan beri komentar.