Batang Juara Umum PerpuSeru Award

220
PENGHARGAAN: Manajer CSR BPI Bhayu Pamungkas saat menerima penghargaan dari CCFI dalam ajang PerpuSeru Award 2018 baru-baru ini. (BPI FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)
PENGHARGAAN: Manajer CSR BPI Bhayu Pamungkas saat menerima penghargaan dari CCFI dalam ajang PerpuSeru Award 2018 baru-baru ini. (BPI FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Perpustakaan Desa binaan PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) yang berada di Kabupaten Batang berhasil menjadi juara dalam ajang Peer Learning Meeting (PLM) Nasional dan Perpuseru Award 2018.

Atas pencapaian tersebut, BPI meraih Honourable Mention dalam ajang yang diselenggarakan oleh Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) di Hotel Ambarukmo, Jogjakarta, 5-6 Juli 2018 lalu.

“BPI selalu berkomitmen dalam memberdayakan masyarakat Batang, dan program PerpuSeru ini merupakan salah satu program nyata kami untuk masyarakat di sektor pendidikan. Kami juga berterima kasih atas penghargaan ini dan BPI berkomitmen penuh untuk mendorong budaya membaca di masyarakat,” ujar Manajer CSR BPI, Bhayu Pamungkas, Selasa (10/7).

Dijelaskan Bhayu, dalam ajang PerpuSeru Award 2018 ini, mitra-mitra BPI lainnya, seperti Dinas Pepustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Batang juga berhasil mendapat penghargaan sebagai Pepustakaan Daerah terbaik dari 104 Kabupaten/Kota di Indonesia. Kabupaten Batang pun sukses menjadi juara umum dengan meraih 23 penghargaan dalam ajang Perpuseru Award 2018 itu.

Dari 768 perpustakaan desa di 16 provinsi di Indonesia, terpilih 40 perpustakaan desa terbaik, dimana 14 perpustakaan desa terbaik berasal dari Kabupaten Batang dan 8 diantaranya merupakan binaan PT BPI. Perpustakaan binaan BPI yang sukses meraih penghargaan Kategori Perpustakaan Terbaik tingkat nasiona litu antara lain Perpusdes Ujungnegoro, Perpusdes Ponowareng, Perpusdes Wonokerso, Perpusdes Beji, Perpusdes Tulis, Perpusdes Sembojo, Perpusdes Simbangjati, dan Perpusdes Bangkalan.

Selain itu, kategori lainnya seperti cerita impact dan video impact juga diraih oleh Perpustakaan desa yang ada di Batang sehingga jumlah keseluruhan penghargaan yang diraih oleh PT BPI beserta mitra implementasi program perpuseru di Batang adalah sebanyak 22 penghargaan. Perpusdes binaan BPI lainnya, yakni Perpusdes Wonokerso dan Perpusdes Depok berhasil meraih penghargaan Kategori Cerita Impact.

“Kami berharap penghargaan PerpuSeru Award yang telah diraih diharapkan dapat meningkatkan motivasi agar terus mendorong tingkat literasi masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perpustakaan,” ujar Bhayu.

Sejak 2011 hingga kini, Program PerpuSeru telah mencakup 104 Perpustakaan Kabupaten/Kota dan 768 Perpustakaan Desa/Kelurahan/ TBM yang tersebar di 16 Provinsi diseluruh Indonesia. Prosesi penyerahan program tersebut dihadiri anggota DPR-RI Komisi X, Bappenas, Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi serta disaksikan oleh 1.460 peserta PLM Nasional 2018. (han/bas)