939 Calon Jamaah Haji Siap Diberangkatkan

123
JAMAAH HAJI: Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, saat melepas kegiatan penutupan manasik haji dan pelepasan jamaah calon haji Kabupaten Pekalongan. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR EMARANG)
JAMAAH HAJI: Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, saat melepas kegiatan penutupan manasik haji dan pelepasan jamaah calon haji Kabupaten Pekalongan. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR EMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sebanyak 939 calon jamaah haji asal kabupaten Pekalongan, siap untuk diberangkatkan pada tanggal 17 Juli 2018 mendatang. Para jamaah yang dibagi dalam tiga kloter tersebut rencana akan diberangkatkan dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan pada mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 pada hari itu juga.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengungkapkan bahwa ibadah haji itu adalah ibadah fisik. Oleh karena itu, kepada seluruh jamaah calon haji pihaknya berpesan agar bisa menjaga kondisi kesehatan dengan berolahraga.

Disamping itu mental juga harus disiapkan, karen para jamaah haji akan berkumpul dengan lebih dari 4 juta jamaah haji dari berbagai negara, dimana mempunyai bahasa dan adat yang berbeda. Sehingga haru spandai membawa diri dan menjaga nama baik Kabupaten Pekalongan.

”Kepada para petugas baik dari TPHD maupun TKHD untuk meningkatkan profesionalitas. Tolong dampingi para jamaah haji, agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan nyaman, aman dan dengan suasana hati yang menyenangkan, sehingga dapat khusyuk melakukan ibadah,” ungkap Bupati Asip.

Bupati Asip juga mengatakan bahwa dari hasil evaluasi dari Kementerian Agama RI, tentang pelaksanaan haji Kabupaten Pekalongan tahun 2017 baik sekali. Karena sesuai UU Haji yang mengharuskan agar Pemerintah Kabupaten menfasilitasi sarana transportasi dari daerah asal ke embarkasi.

Bukan hanya itu, Kabupaten Pekalongan juga menyiapkan tenaga pendamping yang ahli dan profesional.“Mempertahankan program-program lama yang baik, tetapi terus-menerus meningkatkan hal baru yang lebih baik tidaklah mudah. Itulah kaidah dan prinsip yang saya gunakan, untuk menata jalannya Pemerintahan Kabupaten Pekalongan agar dapat melayani masyarakat Kabupaten Pekalongan, termasuk kepada jamaah haji dengan semangat semakin baik dan semakin baik,” kata Bupati Asip.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kajen, H. Kasiman Mahmud Desky, menjelaskan jamaah calon haji Kabupaten Pekalongan yang akan menunaikan haji ke tanah suci sebanyak 939 orang dari 17 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Mereka akan terbagi dalam 3 kloter yakni Kloter 6 (344 orang), Kloter 7 (355 orang) dan Kloter 8 (247 orang).

Menurutnya jamaah calon haji Kabupaten Pekalongan yang tertua berusia 87 tahun atas nama ibu Zuhro dari Wonopringgo dan yang termuda berusia 18 tahun atas nama Nessa Rifdawati Kusuma dari Buaran. “Jumlah jamaah calon haji laki-laki sebanyak 434 orang dan jamaah calon haji perempuan sebanyak 507 orang,” jelas Kasiman. (thd/bas)

Silakan beri komentar.