Truk Terbalik di Jalur Maut

213

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO-Kecelakaan kembali terjadi di perempatan jalan raya Parakan-Kertek, Dusun Turut, Desa Sumbersari, Kecamatan Kertek, Minggu (8/7) malam. Sebuah truk bermuatan semen mengalami rem blong saat melintasi jalan dari arah Parakan menuju Banjarnegara.

Dari pantauan CCTV, kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 18.25 WIB. Truk dengan nopol K 1938 CM yang dikemudikan Semuri, warga Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung ini menabrak tembok pembatas jalan sehingga terlempar sejauh 6 meter dan terbalik. Truk juga menabrak mobil L-300 dengan nopol AA 1934 DP yang sedang terparkir di depan toko.

Salah satu saksi mata, Yanto mengaku, truk sudah terlihat bermasalah sebelum lokasi kecelakaan. Ia melihat api keluar dari kampas rem sebelah kanan truk ketika melintasi jalan yang menurun dan saat itu diselimuti kabut tebal. “Saya sudah menyuruhnya supaya berhenti istirahat selama satu sampai dua jam karena kampasnya sudah terbakar, kemudian saya mendahului truk tersebut,” kata Yanto salah satu pengendara mobil yang sempat mengiringi truk tersebut.

Saksi lain, Andi mengatakan, sopir truk sudah memberi peringatan bahwa remnya blong ketika menapaki jalur menurun tersebut. “Kemudian truk yang melaju dengan sangat cepat itu setelah sampai di perempatan membantingkan setir pengemudinya ke arah kanan, kemudian membentur pembatas jalan dan terlempar hingga terbalik.” Sebelum terbalik, Semuri sempat melompat dari kabin truk sehingga terhindar dari petaka. Ia hanya mengalami luka ringan.

Kasatlantas Polres Wonosobo, AKP SS Udiono mengatakan, truk yang bermuatan 800 sak semen dengan berat total 32 ton itu diduga mengalami kerusakan rem. Selain menabrak mobil L-300 serta muatan semen tumpah, kecelakaan ini juga merusak toko bangunan Mekar Jaya serta rumah praktik dokter Dody yang berada di kiri jalan tersebut. ”Pada saat kejadian keadaan jalan masih lengang tidak seperi biasanya, sehingga sopir mengarahkan mobilnya ke arah kanan dan melawan arus.” lanjutnya. (cr1/ton)