Pemohon Kartu Kuning 100 Orang Perhari

195
BANYAK PEMINAT: Petugas sedang melayani pembuatan kartu kuning (AK1) di Kantor Dinakerin, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BANYAK PEMINAT: Petugas sedang melayani pembuatan kartu kuning (AK1) di Kantor Dinakerin, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pemohon kartu kuning (AK1) di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinakerin) membeludak. Setelah kelulusan sekolah lalu hingga kini, tiap hari, setidaknya melayani sekitar 100 orang pencari kerja.  Sedangkan, untuk hari  biasa hanya melayani antara 20 hingga 30 orang.

Kepala Dinakerin, Eko Pringgolaksito mengatakan, kartu kuning hingga kini masih dibutuhkan untuk kelengkapan admnistrasi para pencari kerja. Untuk mempermudah pembuatan kartu kuning ini, pihaknya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan yang kami berikan sudah berstandar ISO 9001 tahun 2015. Kalau persyaratan berkas yang diajukan pemohon lengkap, kartu kuning bisa jadi atau selesai dalam waktu 8 menit saja,” ujar dia.

Menurutnya, pemohon yang datang langsung dilayani untuk foto dengan menyertakan NIK. Eko menambahkan, data pemohon kartu kuning langsung terkoneksi dengan data Kementerian Tenaga Kerja.

Dengan demikian dapat diketahui banyaknya pencari kerja dan dimana tempat kerja mereka. “Setelah dapat kerja, mereka melaporkan ke kami melalui sistem yang ada,” katanya. (hib/bas)