Pemegang KIP Wajib Diterima

399

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Tidak ada alasan bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Temanggung tidak menerima calon siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019. “Semua calon peserta didik pemegang KIP tidak boleh ditolak. Sekolah (SMP) wajib menerimanya,” tegas Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Ujiono, Senin (9/7).

Ujiono melanjutkan, meskipun nilai dari calon peserta didik baru tersebut tidak memenuhi standar penerimaan di sekolah yang akan dimasuki, mereka harus tetap diterima. Terlebih, calon peserta didik baru tersebut tinggal dan beralamat satu daerah dengan sekolah yang dituju. “Aturannya sudah jelas, sebagai contoh untuk SMP Negeri 2 Temanggung, sekolah tersebut masuk dalam kelurahan Kowangan, jadi semua calon peserta didik baru yang tidak mampu di kelurahan tersebut wajib diterima,” tukasnya.

Bagi calon peserta didik pemegang KIP tidak perlu menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), secara otomatis pemegang KIP sudah terdaftar secara online. “Jika ada calon peserta didik yang melampirkan SKTM saat mendaftar, tapi tidak masuk dalam daftar penerima online sebaiknya kepala sekolah meneliti terlebih dahulu. Jika masih ragu bisa datang ke Dinas Pendidikan untuk memastikanya,” pesannya. (san/ton)