Partai Baru Tidak Gentar

249

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pendaftaran bakal calon legislatif sudah dimulai. Partai-partai peserta pemilu sedang mempersiapkan kader-kader yang akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai baru tak gentar untuk berhadapan dengan partai-partai lama.

Ketua DPD Perindo Kabupaten Magelang Khaeruddin mengaku sudah menyiapkan strategi untuk dapat meraih suara pada Pemilu dan merebut kursi DPRD Kabupaten Magelang.

“Kami akan memainkan proses pemenangan dari mulai konsolidasi dan sosialisasikan partai ke tingkat konsituten yang ada di bawah dan memahami bakal calon,” kata Khaeruddin, Senin (9/7).

Meski sebagai partai baru di Kabupaten Magelang, Perindo optimistis mampu menggaet suara yang besar, yaitu 12 kursi dari 50 kursi yang tersedia di DPRD Kabupaten Magelang. Perindo memasang target bisa meraih 2 kursi di masing-masing daerah pemilihan.

Target 12 kursi Dewan juga dipasang partai lama, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sekretaris DPC PKB Kabupaten Magelang Suwarso mengatakan, pihaknya hingga kini masih melakukan konsolidasi internal dan belum melakukan pendaftaran Bacaleg ke KPU Kabupaten Magelang. “Sudah sebanyak 50 pendaftar yang masuk dan tengah dilakukan penjaringan terhadap Bacaleg,” imbuh Suwarso.

Seleksi bacaleg juga dilakukan partai pemenang Pemilu 2014 di Kabupaten Magelang, PDI Perjuangan. Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto menjelaskan, pihaknya saat ini melakukan tes kesehatan, tes psikologi, seleksi administrasi ataupun syarat umum yang telah ditentukan oleh KPU kepada kandidat-kandidat calon legislatif yang telah mendaftar.

Pada pemilu 2014, PDI Perjuangan berhasil meraih 10 kursi DPRD. Sedangkan untuk target 2019, Saryan belum membeberkan targetnya. “Berapa jumlah kursi nanti tergantung dari hasil Pemilihan Legislatif 2019 mendatang, tetapi kami harapkan seluruhnya (dapil) dapat masuk,” beber Saryan.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifuddin mengatakan, tersedia 50 kursi dewan yang dibagi dalam 6 dapil. Di dapil 1 tersedia 10 kursi, dapil 2 ada 7 kursi, dapil 3 terdapat 7 kursi. Kemudian dapil 4 memperebutkan 8 kursi, dapil 5 ada 8 kursi dan dapil 6 tersedia 10 kursi. Sebanyak 16 partai akan bertarung di Kabupaten Magelang, termasuk 4 partai baru. Yakni Perindo, PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda. (had/ton)