Okupansi Hotel Terdongkrak

896

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sejumlah kegiatan digelar di Semarang pada akhir pekan ini, salah satunya event bertaraf internasional MXGP. Kegiatan ini memberikan dampak positif pada okupansi hotel.

Promotion Manager Hotel Ciputra, Ocky Devarishma mengungkapkan, okupansi pada pertengahan tahun boleh dibilang cukup tinggi namun tidak masuk dalam peak season. Karena itu, ramainya penyelenggaraan event dinilai cukup mendongkrak okupansi. “Bisa mendongkrak hingga 20 persen dari okupansi hari-hari biasa,”ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Public Relations Officer Aston Semarang Hotel and Convention Center, Monica Suci. Hotel yang tak jauh dari kawasan Kota Lama ini juga merasakan dampak positif dari maraknya event di Semarang.

“Tadinya diinformasikan kalau hotel yang digunakan untuk MXGP bintang dua dan tiga. Tapi ternyata kami juga kebagian, sebanyak 40 kamar. Cukup baik dapat mendongkrak okupansi sekitar 30 persen dibanding hari-hari biasa,”ujarnya.

Dari puluhan kamar yang disewa tersebut, sebagian tamu berasal dari luar negeri, sebagian lagi domestik. Menurutnya, hal ini juga dapat berdampak positif sebagai media promosi objek-objek wisata di Semarang. “Salah satunya adalah kawasan Kota Lama yang tak jauh dari hotel kami,”ujarnya.

Beberapa hotel juga mengalami tingkat hunian yang cukup baik, meski bukan berasal dari tamu terkait MXGP. “Kami tidak dapat untuk yang MXGP, tapi kebetulan pas dengan weekend okupansi kami tinggi,” ujar Sales Marketing Manager Hotel Dafam, Jati Mariana. (dna/ton)