Jumlah Wisman Menurun

420

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Tengah melalui pintu masuk bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani pada Mei 2018 mengalami penurunan sebesar 32,91 persen dibanding bulan sebelumnya. Yaitu dari 2.042 kunjungan pada April menjadi 1.370 kunjungan pada Mei.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Margo Yuwono mengatakan, penghitungan dilakukan melalui dua bandara. Namun pada Mei, total 1.370 kunjungan tersebut berasal dari bandara Ahmad Yani, sedangkan bandara Adi Sumarmo nol.

“Pada bulan Mei tidak ada kunjungan wisman melalui pintu masuk bandara Adi Sumarmo, karena Air Asia sebagai satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan internasional di bandara tersebut sudah tidak beroperasi sejak April. Sedangkan pada Mei tahun lalu dari bandara ini tercatat sebanyak 485 kunjungan,” ujarnya, baru-baru ini.

Dari total jumlah tersebut, lanjutnya, sebagian besar kunjungan berasal dari warga negara kebangsaan Malaysia yaitu 441 kunjungan, kemudian disusul Singapura sebanyak 287 kunjungan dan Tiongkok sebanyak 94 kunjungan. “Sejauh ini untuk grafis terbanyak Malaysia, baik mereka datang berkunjung untuk urusan bisnis maupun wisata,” ujarnya.

Selain kunjungan, tingkat penghunian kamar di hotel berbintang Jawa Tengah juga mengalami penurunan hingga 5,09 poin menjadi 41,81 persen bila dibandingkan dengan bulan April. Sedangkan bila dibandingkan dengan periode yang sama pada Mei tahun lalu, juga mengalami penurunan, hingga 5,93 poin.

Tingkat penghunian kamar tersebut, tertinggi terjadi pada hotel bintang 3. Sebesar 49,42 pesen dan terendah bintang 1 sebesar 28,12 persen. Dengan rata-rata lama menginap sebesar 1,36 malam, naik 0,02 poin dibanding bulan sebelumnya. (dna/ton)