Kurangi Pengangguran, Gelar Latihan Kerja

189
PELATIHAN : Kepala UPTD BLK, Agus Pranoto, memberikan sambutan pada pelatihan berbasis kompetensi, programpeningkatan kompetensi, tenaga kerja dan produksi Jumat (6/7) pagi. (Sigit Rahmanto/Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Untuk mengurangi angka pengangguran, Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja(BLK) Kabupaten Wonosobo menggelar pelatihan berbasis kompetensi ke-3 Jumat (6/7) di aula gedung BLK.

Pada tahap ke tiga ini, para peserta dibagi dalam beberapa jurusan. Yakni menjahit pakaian dasar, mekanik junior sepeda motor, operator basic office, drafter, prosesing hasil pertanian, kecantikan kulit dan rambut, audio video, dan juru las SMAW 3G.

Kepala UPTD BLK, Agus Pranoto mengatakan pihaknya tidak mampu menampung semua pendaftar karena kekurangan tenaga pengajar non-PNS yang melatih para peserta. Dari tiga ratus dua belas bakal calon peserta pelatihan, yang diterima baru 100 orang, “ujarnya.

Sementara ini BLK sendiri menargetkan bisa menjadi BLK percontohan bagi kabupaten lain. Salah satunya dengan program revitalisasi yang sedang dijalankan pada tahun 2017, dan diperkirakan selesai pada 2021.

Salah satu peserta pelatihan Satria Sembodo, 17, warga Mentasari, Kalibawang mengaku sangat gembira bisa mengikuti pelatihan secara gratis.  “Semoga setelah pelatihan ini selesai, saya mempunyai bekal dan modal untuk bekerja sesuai apa yang saya pelajari di sini,” harapnya. (cr1/lis)