Koperasi di Kendal Mulai Tumbuh

131
UNDIAN: Nela Kharisma saat mengambil nomor undian dalam Pengundian Arisan Simpanan Lebaran Berhadiah (Silebah) 4 KSP Surya Artha yang digelar di GOR Bahurekso, Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
UNDIAN: Nela Kharisma saat mengambil nomor undian dalam Pengundian Arisan Simpanan Lebaran Berhadiah (Silebah) 4 KSP Surya Artha yang digelar di GOR Bahurekso, Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Pertumbuhan koperasi di Kendal tumbuh cukup signifikan. Saat ini tercatat ada 690 koperasi. Dari jumlah tersebut 550 merupakan koperasi aktif.

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kendal, Sutiyono mengatakan, selama dua tahun terakhir sebelumnya, koperasi di Kendal banyak yang mati suri. Bahkan dari jumlah koperasi tersebut tidak lebih dari 300 koperasi yang aktif.

“Jadi tahun ini perkembangan koperasi di Kendal sangat baik. sudah lebih dari 200 koperasi kembali tumbuh dan aktif,” kata Sutiyono di sela Pengundian Arisan Simpanan Lebaran Berhadiah (Silebah) 4 KSP Surya Artha yang digelar di GOR Bahurekso, Kendal.

Sutiyono mengatakan, ada beberapa faktor koperasi tidak aktif, salah satunya pengelolaan yang tidak benar dan tidak pernah melaporkan kondisi koperasi ke dinas terkait. “Ada beberapa yang seperti itu. Namun, secara umum sekarang kondisi lebih baik,” ujarnya.

Dikatakan, ke depan hadiah yang diberikan lebih baik bila berupa tabungan, sehingga bisa dimanfaatkan anggota koperasi untuk keperluan mereka, seperti membangun rumah atau lain sebagainya. “Saya berharap pada acara Silebah 5 anggotanya bisa mencapai 5.000. Hal itu supaya kesejahteraan masyarakat Kendal terus meningkat,” tuturnya.

Manajer KSP Surya Artha, Eventius Widhi, mengatakan, undian program arisan Silebah digelar setiap dua tahun sekali. Arisan tersebut dibagikan setiap menjelang Lebaran. Setiap bulan anggota menyetorkan Rp 150 ribu. Peserta yang rutin mengangsur setiap maksimal tanggal 10 akan diikutkan undian Silebah. “Hadiah undian berupa satu mesin cuci, satu lemari es, satu TV LED, dua motor Yamaha Mio, dan dua motor Yamaha Vixion. Undian kali ini diikuti sekitar 3.000 anggota dan dua tahun ke depan bisa mencapai 3.500 anggota,” tambahnya.

Pengundian menghadirkan penyanyi pedangdut Nella Kharisma. Nella pada kesempatan itu didaulat untuk mengambil undian hadiah utama berupa Yamaha Vixion. Nella Kharisma menghibur nasabah KSP Surya Artha dengan penampilannya dengan tembang Bojo Galak , Aku Cah Kerjo, Syantik yang di populerkan Siti Badriah, Pikir Keri dan Sayang 2. (bud/zal)

Silakan beri komentar.